Selasa, 29 Juli 2014

Rupiah menguat tipis Kamis sore

Kamis, 28 Juni 2012 17:03 WIB | 2.430 Views
Rupiah menguat tipis Kamis sore
Pada kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis (28/6) tercatat nilai mata uang rupiah bergerak melemah menjadi Rp9.480 dari posisi sebelumnya Rp9.475 per dolar AS. (ANTARA/Eric Ireng)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Kamis sore bergerak menguat tipis sebanyak tiga poin seiring munculnya sentimen positif sebagian pelaku pasar uang terhadap pertemuan pemimpin Uni Eropa.

Nilai tukar mata uang rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta bergerak menjadi Rp9.467 per dolar AS dari posisi sebelumnya Rp9.470 per dolar AS.

"Konferensi tingkat tinggi negara-negara Eropa untuk membahas krisis utang dipandang positif sebagian pelaku dan memberi sentimen bagi nilai tukar," kata analis Milenium Danatama Sekuritas, Abidin.

Di sisi lain, lanjut dia, BI juga masih mengintervensi mata uang dalam negeri terhadap dolar AS karena masih minimnya sentimen positif.

Meski demikian, menurut dia, kondisi global yang cenderung terus berada dalam perlambatan masih membuat pelaku pasar uang menempatkan dananya dalam bentuk dolar AS karena dianggap dapat menjaga nilai aset.

"Sulit bagi mata uang beresiko seperti rupiah kembali pada tren positif sebelum ada kabar yang benar-benar positif," katanya.

Ia mengatakan, pasar mengharapkan pada pertemuan tingkat tinggi pemimpin UE yang akan dilangsungkan pada 28-29 Juni pekan ini memberikan hasil positif.

Jika tidak segera ditangani, kata dia, krisis utang UE yang berkepanjangan dikhawatirkan menyeret ekonomi Asia yang justru menjadi penopang ekonomi dunia.

(KR-ZMF)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga