Selasa, 2 September 2014

Malaysia samakan perlindungan keuangan TKI

Kamis, 28 Juni 2012 18:57 WIB | 2.580 Views
Jakarta (ANTARA News) - Malaysia menilai perlindungan konsumen yang diberlakukan kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang membuka rekening di bank negara tersebut berstatus sama dengan warga negara domestik.

"Tidak ada peraturan khusus yang diciptakan untuk TKI, namun ketika mereka membuka rekening, bank akan memberitahu peraturan yang berlaku" kata Direktur Utama Badan Bimbingan dan Pengelolaan Kredit Malaysia (AKPK) Koid Swee Lian seusai Konferensi Inklusi Keuangan ASEAN di Jakarta, Kamis.

Ia menegaskan, pendidikan keuangan dan informasi perbankan yang diberikan kepada TKI tidak dibedakan dan memiliki akses perbankan yang setara dengan warga negara Malaysia.

Perbedaan yang ada, kata Lian, hanya pada kolom non-warga negara yang diisi saat nasabah mendaftarkan formulir pembukaan rekening di bank.

"Setelah itu mereka akan diberitahu biaya tabungan bank dan kewajiban lainnya. Mereka bisa mengetahui keterangan bank melalui situs perbankan dan perlindungan nasabah juga termasuk di dalamnya," jelas Lian.

Menurut dia, sejumlah bank di Malaysia memiliki peringatan atas penipuan yang bisa terjadi dalam dunia perbankan.

"Bahkan warga Malaysia pun takut akan penipuan tersebut, oleh karena itu baik TKI maupun warga negara domestik harus bisa menjaga uangnya dengan baik. Tidak boleh asal percaya kepada siapa pun," jelas Lian.

(B019/I007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga