Kamis, 18 Desember 2014

Sangat besar dana asing masuk ke Indonesia

| 3.932 Views
id RUU Ormas, dana asing, sumbangan asing, Haramain, RUU Ormas, transaksi dana asing, wakil rakyat, Abdul Malik Haramain
Sangat besar dana asing masuk ke Indonesia
Abdul Malik Haramain (FOTO ANTARA/ Ujang Zaelani)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Organisasi Massa Abdul Malik Haramain mengatakan, jumlah dana asing yang masuk ke lembaga asing di Indonesia dan lembaga lokal yang berafiliasi kepada asing, sangat besar.

"Jumlah sirkulasi atau uang dari asing ke Indonesia sangat besar meskipun tak disebutkan jumlahnya, transaksinya melalui cash and carry dan formal (melalui perbankan)," kata Malik kepada ANTARA News, Jakarta, Kamis.

Tadi siang digelar rapat mengenai laporan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Jusuf kepada Pansus RUU Ormas di Gedung DPR RI, Jakarta.

Kepala PPATK menyebutkan, alran dana asing masuk ke Indonesia itu berlangsung intens, sedangkan jumlahnya besar.

"Menurut laporan Kepala PPATK, di bulan Mei tahun 2011, ada dana masuk ke lembaga asing dan lembaga lokal yang berafiliasi dengan asing sebesar 135 juta dolar AS. Dana itu masuk dengan cara cash and carry.

Dia menyambung, "Pada tahun 2012 saja, ada dana asing masuk sekitar 11 juta dolar AS.  Itu hanya untuk satu bulan saja. Bagaimana dengan 11 bulan lainnya? Volumenya tinggi dan intens."

Namun menurut poltisi Partai Kebangkitan Bangsa ini, pemerintah hingga kini tak pernah menerima laporan dari lembaga asing dan lokal yang berafiliasi dengan asing.

Oleh karena itu, melalui RUU Ormas, DPR akan memberikan kewenangan kepada pemerintah untuk mengaudit lembaga asing dan lembaga lokal tersebut.

"UU Ormas akan menjadi payung hukum bagi pihak-pihak tertentu untuk mengaudit laporan lembaga asing itu," pungkas Malik.

(zul)


Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga