Selasa, 2 September 2014

Pemkab Mamuju diminta buat perda burung maleo

Kamis, 28 Juni 2012 22:11 WIB | 1.658 Views
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, diminta segera membuatkan peraturan daerah (Perda) tentang penyelamatan satwa burung endemiki Sulawesi Maleo (Macrocephalon maleo).

"Kita tentu mulai prihatin dengan maraknya perburuan telur burung Maleo di Mamuju. Makanya, penguatan perda penting untuk menjaga populasi satwa burung kebanggaan masyarakat di Mamuju itu,"kata anggota DPRD Mamuju, Hajrul Malik di Mamuju, Kamis.

Karena itu kata dia, pemerintah kabupaten diharapkan mengajukan usulan pembuatan perda penyelamatan satwa Maleo untuk dibahas secara bersama di DPRD.

"Saya tentu bersedia mendorong agar perda tentang burung Maleo ini bisa dibuatkan payung hukum walaupun satwa itu telah dilindungi oleh negara. Namun memang butuh penguatan perda agar satwa burung maleo ini terselamatkan,"jelanya.

Ia menyebutkan, populasi burung endemik Sulawesi, Maleo (Macrocephalon maleo), di sejumlah kawasan hutan konservasi Kabupaten Mamuju, terancam punah apabila tidak diberikan perhatian yang lebih.

"Populasi burung Maleo di Mamuju makin genting sehingga pemerintah harus mengambil peran untuk menyelematkan burung kebanggaan masyarakat Sulawesi itu,"tutur Hajrul.

(KR-ACO)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga