Warsawa (ANTARA News) - Asosisi sepak bola Spanyol dan Rusia dijatuhi denda masing-masing 20.000 dan 30.000 euro (24.900 dan 37.300 dolar AS) karena insiden rasial yang dilakukan para pendukung mereka dalam pertandingan Euro 2012, kata UEFA dalam pernyataan mereka, Kamis.

Denda sebanyak 20.000 euro dijatuhkan kepada Spanyol, karena pendukung mereka meneriakkan kata-kata rasial pada laga Grup C melawan Italia di Gdansk pada 10 Juni.

Striker berkulit hitam dari Italia, Mario Balotelli, bermain dalam laga itu.

Menurut Reuters, Rusia juga dijatuhi hukuman denda karena bersalah pada laga Grup A melawan Republik Ceko di Wrocklaw pada 8 Juni.

Bek kanan Ceko, Theodor Gebre Selassie, berkulit hitam, bermain dalam laga yang berakhir dengan kekalahan timnya 1-4.

Kedua asosiasi sepak bola itu diberi kesempatan naik banding.

Balotelli juga mendapat perlakukan rasis dari pendukung Kroasi pada pertandingan 14 Juni dan FA Kroasia didenda 80.000 euro oleh badan sepak bola Eropa.

FA Rusia sudah dijatuhi denda tiga kali karena kerusuhan yang dibuat pendukung mereka, termasuk adanya tindak kekerasan tiga kali.

UEFA mengatakan, poin mereka akan dikurangi enam angka bila masih melakukan hal seperti itu pada babak penyisihan Kejuaraan Eropa, karena penghinaan rasial dilarang dalam peraturan UEFA.

Penyandang gelar Spanyol maju ke babak final Minggu yang diadakan di Kiev, sedangkan Rusia tersingkir dari babak penyisihan grup.

(A008)