Kamis, 30 Oktober 2014

Kirab Budaya awali pesta adat Erau

| 3.321 Views
id kirab budaya, pesta adat erau, kutai kartanegara
Kirab Budaya awali pesta adat Erau
Ilustrasi kirab budaya (FOTO ANTARA/Ismar Patrizki)
Melalui pelaksanaan kirab budaya ini selain dalam rangka menyemarakkan Erau, juga agar kehidupan di Kukar yang terdiri dari berbagai macam suku tetap harmonis
Tenggarong (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan menggelar Kirab Budaya, Jumat sekitar pukul 14.00 Wita, sebagai rangkaian awal pelaksanaan pesta adat, seni dan budaya Erau, Kutai Kartanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kutai Kartanegara, Sri Wahyuni yang dihubungi Jumat pagi menjelaskan, Kirab Budaya itu akan diikuti 30-an paguyuban dan grup kesenian dari beberapa kecamatan di Kutai Kartanegara.

Kirab akan berlangsung dari depan Sekretariat Gerbang Raja Jl KH Akhmad Mukhsin Tenggarong, hingga melintasi panggung kehormatan di depan Planetraium Jagad Raya.

Pesta adat, seni dan budaya Festival Erau 2012 diselenggarakan 1-8 Juli,  yang dipusatkan di 11 lokasi di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Lokasi tersebut diantaranya Museum Mulawarman yang menjadi tempat melaksanakan berbagai upacara adat, Kedaton Kesultanan Kutai yang digunakan untuk tempat seminar budaya dan pesta penyambutan, dan Stadion Rondong Demang untuk pembukaan, Erau Expo, pasar rakyat, dan panggung hiburan.

Tepi Sungai Mahakam akan digunakan untuk panggung seni dan berbagai olahraga tradisional dan di sepanjang jalan antara Jembatan Bongkok dan Gunung Pendidik yang menjadi lokasi makan bersama menurut adat Kutai.

Kemudian, di dermaga Kukar untuk jamuan makan siang dan panggung kehormatan lomba perahu naga serta balap perahu ketinting.

Halaman Planetarium Jagad Raya digunakan sebagai lokasi lomba masak serba ikan dan di sepanjang jalan mulai depan Sekretariat Gerbang Raja hingga Planetaruim Jagad Raya akan digunakan untuk kirab budaya.

Sedangkan acara Lomba menembak akan digelar di sekitar gedung kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman.

(KR-ADI)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga