Sabtu, 20 Desember 2014

Dua cangkir kopi sehari, baik untuk kesehatan jantung

| 9.825 Views
id kesehatan, penyakit jantung, manfaat kopi, gagal jantung
Dua cangkir kopi sehari, baik untuk kesehatan jantung
Ilustrasi (ANTARA News/Lukisatrio)
Responden yang rutin meminum dua cangkir kopi dalam sehari, menunjukkan berkurangnya risiko gagal jantung, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi
Jakarta (ANTARA News) - Kabar baik untuk para pecandu kopi.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa meminum kopi secara rutin dengan takaran dan jumlah yang tepat, dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Sebanyak 150.000 responden baik pria maupun perempuan, diikutsertakan dalam penelitian yang dipimpin oleh Dr Murray Mittleman dari Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston, Amerika Serikat.

Responden yang rutin meminum dua cangkir kopi dalam sehari, menunjukkan berkurangnya risiko gagal jantung, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi, sebagaimana diberitakan oleh DailyMail.

Namun meminum kopi lebih dari lima cangkir dalam sehari justru tidak dianjurkan, karena dapat merusak jantung sebagaimana dikutip dari jurnal Circulation Heart Failure.

Para peneliti dari Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston, Amerika Serikat, masih belum yakin apa yang menyebabkan kopi dapat mengurangi penyakit gagal ginjal.

Namun mereka menduga, ini disebabkan karena kopi dapat mengurangi hipertensi dan menormalkan gula darah pada penderita diabetes. Hipertensi dan diabetes adalah dua penyakit yang memicu gagal jantung.

Pemerintah AS yang mendanai penelitian ini menemukan bahwa semakin banyak kopi yang diminum, maka beberapa jenis penyakit selain kanker akan semakin terhindar, seperti; penyakit jantung, penyakit saluran pernapasan, stroke, diabetes, penyakit infeksi.
(M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga