Jumat, 31 Oktober 2014

Indonesia berharap segera ada solusi krisis Suriah

| 3.047 Views
id krisis suriah, kekerasan di suriah, pertikaian di suriah, pembantaian di suriah, peristiwa houla, kekerasan suriah, indonesia dan suriah
Indonesia berharap segera ada solusi krisis Suriah
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA)
Saya harap ada solusi yang bisa segera dicari, kekerasan harus bisa dihentikan, bukan hanya Liga Arab, OKI, dan PBB tapi semua.
Bandung (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia berharap segera ada penyelesaian konkrit atas krisis yang terjadi Suriah supaya jumlah korban jiwa tidak bertambah.

"Pada tingkat sekarang ini mencemaskan, saya harap ada solusi yang bisa segera dicari, kekerasan harus bisa dihentikan, bukan hanya Liga Arab, OKI, dan PBB, tapi semua," katanya saat menyampaikan kuliah umum tentang perkembangan geopolitik kawasan bagi peserta Sekolah Staf dan Komando Angkatan, TNI dan Sespimmen Polri di Bandung, Jumat.

Kepala Negara mengatakan, pemerintah Indonesia sangat prihatin dengan situasi Suriah yang tak kunjung membaik.

"Konflik horizontal antar state dan intrastate semakin mengkhawatirkan, tadi malam saya bicara dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon," kata Presiden yang berbicara dengan Ban Ki-moon melalui telepon pada Kamis (28/6).

Dalam pembicaraan itu, menurut Presiden Yudhoyono, Ban Ki-moon menjelaskan bahwa dalam beberapa hari ke depan akan ada pertemuan di Jenewa yang antara lain melibatkan lima negara yang memiliki hak veto di Dewan Keamanan PBB untuk membicarakan masalah Suriah.

"Indonesia berpendapat kalau dengan kerangka penyelesaian sekarang bisa berjalan baik, PBB tugaskan pengamat nonarms sesuai chapter six (piagam PBB-red), bila bisa berlaku bagus dengan mandat UN, bila ada gencatan senjata bagus dan kemudian ada proses politik," kata Kepala Negara.

Namun bila hal tersebut tidak bisa diterapkan, kata Presiden, Indonesia mengusulkan adanya pasukan pemelihara perdamaian untuk menghentikan kontak senjata dan konflik, bukan untuk menjatuhkan pemerintahan Suriah di bawah Presiden Bashar Al Assad.

(P008)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga