Minggu, 26 Oktober 2014

Loew: bicara itu gampang

| 2.861 Views
id joachim loew, jerman kalah dari italia, semi final piala eropa 2012
Loew: bicara itu gampang
Pelatih Timnas Jerman Joachim Loew. (REUTERS/Ina Fassbender)
Di balik kekalahan kami, turnamen ini sangat bagus, ini sebuah proses belajar
Warsawa (ANTARA News) - Pelatih Jerman Joachim Loew mengakui bicara mengenai gelar juara Eropa itu mudah, setelah tim asuhannya berhasil menunjukkan mereka punya banyak potensi di Piala Eropa 2012, namun omongan ini berbalik kepada Loew ketika Der Panzer digilas Italia 1-2 di laga semi final.

"Ini adalah bagian dari perkembangan dan pembelajaran tim. Anda tak bisa dapat gelar hanya dengan membicarakannya. Spanyol bahkan harus menunggu lama hingga Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010. Pada babak kedua kami sudah melakukan apapun yang kami bisa untuk membalikkan keadaan. Kami bermain dengan tulus," ungkap Loew.

Adalah dua gol dari Mario Balotelli yang mampu membuat Jerman patah hati. Satu sundulan dan satu tendangan hasil pergerakan cerdiknya mampu membuat Jerman terkejut di babak pertama, 2-0 untuk Italia.

Padahal, Jerman punya rekor tanding tak terkalahkan. Menang sepuluh laga pada babak kualifikasi Piala Eropa 2012, dan berturut-turut memenangi 15 laga kompetitif. Pun, Der Panzer adalah salah satu tim yang diunggulkan dalam Piala Eropa 2012, selain Spanyol. Namun, langkah mereka mampu dihentikan Italia di semi final.

Entah apa yang terjadi di kubu Der Panzer. Pada laga semi final Jumat dini hari, pertahanan Jerman mampu diobrak-abrik oleh kekuatan dan kecepatan Balotelli, sementara para pemain tengah seperti Bastian Schweinsteiger dan Mesut Ozil tampak tak mampu menyaingi performa Andrea Pirlo dan Riccardo Montolivo.

Namun Loew mengungkapkan, waktu untuk Jerman akan segera datang.

"Di balik kekalahan kami, turnamen ini sangat bagus, ini sebuah proses belajar. Bermain bersama tim-tim papan atas. Satu momen saja mampu menentukan apakah Anda akan kalah atau menang. Tim kami sudah banyak kemajuan dari dua tahun lalu. Kami saat ini berada dalam level yang sama dengan mereka. Walaupun kami tidak bisa mendapatkan gelar kali ini, namun kesempatan di masa datang selalu terbuka, tutur Loew.

Loew pun kecewa, namun mengakui Italia pantas menang, bahkan mungkin bisa menjadi juara Eropa mengalahkan Spanyol.

"Itu mengapa kami sekarang kecewa. Spanyol tak sekuat seperti saat mereka bertanding di beberapa laga lalu, bahkan tak lebih bagus dari 2010. Kesempatan terbuka lebar. Italia pasti punya kepercayaan diri yang tinggi setelah mengalahkan Inggris dan tim kami," pungkas Loew.

(Feb)

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga