Selasa, 23 September 2014

Google kenalkan tablet Nexus 7

Jumat, 29 Juni 2012 15:04 WIB | 8.241 Views
Google kenalkan tablet Nexus 7
Hugo Barra, direktur manajemen produk Google, memperlihatkan tablet Nexus 7 saat Konferensi Google I/O 2012 di Moscone Center, San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (27/6). Google Inc meluncurkan komputer tablet pertama mereka, sementara perusahaan internet itu mencari cara untuk mengulang sukses ponsel pintar mereka di tengah persaingan sengit dengan Apple Inc, Microsoft, dan Amazon. Tablet "Nexus 7", dibuat dan menggunakan merk bersama produsen perangkat keras Asus, akan dijual mulai dari harga 199 dolar AS. (REUTERS/Stephen Lam)
San Francisco (ANTARA News) - Raksasa internet Google mengenalkan tablet berlayar 7 inchi Nexus 7 yang telah dipersenjatai sistem operasi Android paling mutakhir mereka, Jelly Bean.

Dengan sistem operasi Android 4.1, tablet yang tersedia dalam dua model penyimpanan internal berkapasitas 8GB dan 16GB itu memiliki resolusi HD 1.280x800 yang juga didukung oleh CPU empat inti serta sebuah prosesor grafis 12 inti.

"Jadi jumlahnya enam belas inti," kata Direktur Manajemen Produk untuk Android, Hugo Barra, dalam konferensi tahunan para pengembang Google I/O, Kamis.

Tablet itu juga dilengkapi dengan kamera depan dan dapat merekam video High Definition (HD) selama sembilan jam. Dengan bobot hanya 390 gram, tablet yang hanya terkoneksi melalui Wi-Fi itu juga memiliki teknologi chip Near Field Communication (NFC) untuk keperluan pembayaran mobile.

Barra menjelaskan tablet terbaru Google itu juga disiapkan untuk ruang penyimpanan online Google Play yang meliputi musik, majalah, film, dan sejumlah aplikasi pendukung lainnya.

Sebelum meluncurkan Nexus 7, Google telah memamerkan sejumlah fitur dan perbaikan yang ada dalam sistem operasi Jelly Bean. Dalam satu video demonstrasi, kapasitas respon layar diukur dengan kamera berkecepatan tinggi.

Tingkat kemulusan dan respon dari Jelly Bean sendiri tampak jauh membaik, dibandingkan dengan performa perangkat yang menggunakan platform Ice Cream Sandwich.

Google juga memperbaiki fitur untuk pencarian mobile melalui perbaikan tampilan Google Search yang akan menampilkan sejumlah kartu putih yang menunjukkan informasi dari Knowledge Graph, basis pengetahuan yang dikembangkan Google untuk menyediakan informasi rinci terstruktur tentang pencarian.

Perbaikan lainnya ditemukan pada fitur pencarian suara. Bila dibandingkan dengan sistem rival mereka Apple Siri, fitur pencarian suara Google terbaru lebih alami, mulus, dan cepat.

Dalam konferensi tersebut, seorang peraga melakukan pencarian dengan berbicara "tunjukkan saya gambar dari pygmy marmosets" dan perangkat Jelly Bean dengan segera memunculkan koleksi gambar hewan itu dari pencarian Google.

Pada hari sebelumnya, Google mengumumkan sejumlah angka tentang sistem operasi Android yang diklaim telah mencapai 400 juta perangkat di seluruh dunia atau meningkat drastis dari 100 juta perangkat yang tercatat dalam laporan perusahaan tahun lalu.

Menurut Google, kini lebih dari satu juta perangkat Android baru diaktifkan setiap hari.

(P012/M014) 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga