Rabu, 1 Oktober 2014

Uni Eropa capai kesepakatan perangi krisis

Jumat, 29 Juni 2012 16:09 WIB | 3.414 Views
Uni Eropa capai kesepakatan perangi krisis
Uni Eropa (reuters.com)
... mencakup langkah-langkah meningkatkan lapangan pekerjaan, khususnya untuk kaum muda..
Brussel (ANTARA News) - Uni Eropa mencapai kesekapatan untuk menempuh langkah jangka pendek membantu Spanyol dan Italia dalam peta jalan jangka panjang. Salah satunya menyetujui pakta pertumbuhan 120 miliar euro (150 miliar dolar Amerika Serikat).

Hal ini digambarkan Presiden Uni Eropa, Herman Van Rompuy, sebagai "terobosan" untuk membentuk kembali 17-negara zona euro.

Berikut ini adalah daftar poin-poin utama yang disepakati:
Pakta Pertumbuhan: satu paket kebijakan senilai sekitar 120 miliar euro untuk merangsang pertumbuhan di Uni Eropa dengan memanfaatkan dana yang tidak terpakai dari anggaran Uni Eropa, meningkatkan modal Bank Investasi Eropa (EIB) dan pendanaan "proyek obligasi" untuk program infrastruktur.

Paket ini juga mencakup langkah-langkah meningkatkan lapangan pekerjaan, khususnya untuk kaum muda, serta usulan untuk meningkatkan mobilitas tenaga kerja di seluruh Eropa.

Tindakan jangka pendek, para pemimpin berkomitmen untuk mendirikan badan pengawas bagi bank-bank dalam zona euro, yang melibatkan Bank Sentral Eropa (ECB), "sebagai hal yang mendesak hingga akhir 2012."

Ketika badan seperti itu didirikan, para pemimpin mengatakan bahwa dana talangan (bailout) ESM 500 miliar euro yang akan mulai berlaku bulan depan dapat secara langsung merekapitalisasi bank-bank, dalam kondisi tertentu.

Para pemimpin mengatakan bahwa pinjaman yang diberikan oleh ESM ke Spanyol untuk rekapitalisasi sektor perbankannya tidak lagi harus dibayar kembali sebelum pinjaman lainnya dalam kasus gagal bayar (default), faktor yang sangat penting bagi pelaku pasar.

Para pemimpin berjanji untuk menggunakan pot bailout mereka "secara fleksibel dan efisien untuk menstabilkan pasar" untuk negara-negara yang menghormati target defisit. Ini adalah referensi untuk membeli obligasi guna menurunkan biaya pinjaman.

ECB telah setuju untuk bertindak sebagai agen dana talangan dalam melakukan operasi di pasar obligasi.

Tindakan jangka panjang: para pemimpin zona euro sepakat "bekerja menuju uni ekonomi dan moneter lebih ketat" melalui kerja sama anggaran dan keuangan lebih erat mencegah krisis terjadi lagi.

Van Rompuy mengatakan, para pemimpin sepakat pada empat "blok bangunan" mencapai uni/serikat lebih dekat: kerangka keuangan, kerangka anggaran, kerangka kebijakan ekonomi dan penguatan akuntabilitas demokratis.

Van Rompuy ditugasi menyajikan sebuah laporan lebih lanjut pada Oktober yang memberikan jadwal lebih rinci untuk reformasi, yang dapat menghasilkan sebuah uni perbankan dan, lebih jauh lagi di jalan, penerbitan utang bersama.

(A026/A023)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga