Sabtu, 25 Oktober 2014

KONI pastikan jadwal PON XVIII tidak berubah

| 2.574 Views
id KONI, PON 2012, PN XVIII, PON Riau, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman
KONI pastikan jadwal PON XVIII tidak berubah
PON XVIII Riau (ponriau2012.com)
Tidak ada perubahan dan kami pastikan pelaksanaannya sesuai jadwal. Meski ada sedikit hambatan, namun kami yakin semua bisa teratasi."
Surabaya (ANTARA News) - Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) memastikan jadwal pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII tahun 2012 yang berlangsung di Riau, tidak mengalami perubahan.

Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman mengatakan, pelaksanaan PON dimulai pada 9-22 September 2012. Ia mengakui secara teknis sudah tidak ada lagi kendala dan Riau sudah siap menyambut tamu atlet dari seluruh pelosok Indonesia.

"Tidak ada perubahan dan kami pastikan pelaksanaannya sesuai jadwal. Meski ada sedikit hambatan, namun kami yakin semua bisa teratasi," ujar Tono Suratman kepada wartawan usai Diskusi Sehari "Jawa Timur Juara Umum PON Riau, Harga Mati" di Surabaya, Jumat.

Hanya saja, ia mengakui bahwa masih ada persoalan nonteknis yang sedikit mengganggu, yakni dana yang dinilai masih belum siap penuh. Namun pihaknya yakin dalam waktu tidak lama lagi sudah akan terealisasi dan tidak ada kendala.

"Secara umum memang sudah siap semua, hanya sedikit persoalan dana. Semua ada di PB PON Riau dan berharap DPRD setempat segera mengesahkan anggaran untuk membantu PB PON melancarkan pencarian dana," kata dia.

Sebenarnya, ada persoalan lain yang masih mengganggu persiapan yaitu kurangnya tiga lokasi cabang olahraga, seperti menembak, biliard dan bowling.

"Tapi kami sudah siapkan semuanya lokasi alternatif. Sehingga tiga cabang olahraga yang dipertandingkan ini masih bisa teratasi," papar Tono.

Ajang olah raga nasional empat tahunan tersebut menghadirkan 39 cabang olahraga dengan 601 nomor yang dipertandingkan.

Tono Suratman mengatakan, dalam PON mendatang diharapkan akan banyak terjadi perpecahan rekor di beberapa nomor cabang olahraga. Menurut dia, terciptanya rekor baru bisa menjadi sejarah dan ukuran begitu hebatnya penampilan para atlet.

Selain itu, lanjut dia, tujuan PON XVIII di Riau yakni sebagai langkah mempererat tali persatuan dan kesatuan bangsa, membangun karakter, dan menjaring atlet-atlet nasional.

"PON juga diharapkan sebagai tolok ukur pembinaan olahraga nasional untuk mampu bersaing di ajang internasional," jelas Tono.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga