Selasa, 21 Oktober 2014

Menpora resmi buka ASEAN Schools Games Surabaya

| 3.205 Views
id ASEAN Schools Games, ASG di Surabaya, Menpora, Andi Mallarangeng, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Presiden ASSC Hawazi Daipi, Ketua Komite
Menpora resmi buka ASEAN Schools Games Surabaya
Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng (FOTO ANTARA)
Untuk menjadi yang terbaik di tingkatan internasional, harus dipersiapkan lebih awal, salah satunya melalui ASG. ASG momen yang tepat untuk pembelajaran bagi atlet-atlet muda."
Surabaya (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng resmi membuka kejuaraan internasional khusus pelajar yaitu ASEAN Schools Games (ASG) di Jawa Timur EXPO, Surabaya, Jumat.

Pembukaan kejuaraan dengan tema "Spririt, Friendship and Excellence" ini ditandai dengan pemukulan bola tenis yang dilakukan oleh Menpora Andi Mallarangeng, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Presiden ASSC Hawazi Daipi dan Ketua Komite ASG Djoko Pekik Irianto.

"Untuk menjadi yang terbaik di tingkatan internasional, harus dipersiapkan lebih awal, salah satunya melalui ASG. ASG momen yang tepat untuk pembelajaran bagi atlet-atlet muda," kata Menpora dalam sambutannya.

Menurut dia, untuk menggelar kejuaraan khusus pelajar ini, Indonesia dalam hal ini Surabaya telah mempersiapkan diri dengan baik. Untuk itu pemerintah mengucapkan terima kasih atas terselenggarannya kegiatan ini.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mengaku pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mengapresiasi kejuaraan ASEAN Schools Games yang pertama kali digelar di Surabaya ini.

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan kegiatan ini. Jika ada kekurangan kami mohon maaf," katanya pada sambutan pembukaan kejuaraan khusus pelajar ASEAN ini.

Sebelumnya sambutan diberikan oleh Presiden of ASEAN Schools Sport Council (ASSC) Hawazi Daipi. Pria asal Singapura ini sangat mendukung peningkatan prestasi bagi atlet-atlet muda yang berada di wilayah ASEAN.

Sebelum pembukaan dilakukan, seluruh peserta dari tujuh negara yang telah memadati Jawa Timur EXPO dihibur beberapa kesenian termasuk penampilan girl band Sunny. Sambutan yang diberikan oleh masyarakatpun cukup meriah.

Pada ASEAN Schools Games keempat ini, tuan rumah Indonesia membidik 36 medali emas dari 11 cabang olahraga. Jumlah bidikan ini jauh lebih banyak dibandingkan perolehan medali pada kejuaraan sebelumnya di Singapura yaitu 21 medali emas.

Dari 11 cabang olahraga ini, Indonesia akan memaksimalkan sembilan cabang bidikan yaitu cabang pencak silat dan renang yaitu delapan medali disusul tenis lapangan dan atletik dengan enam medali, bulutangkis tiga medali, golf dua medali serta senam, bola voli dan basket satu medali.

ASEAN Schools Games 2012 yang berlangsung 29 Juni hingga 5 Juli diikuti tujuh negara dengan jumlah atlet dan ofisial kurang lebih 1.356 orang. Selain tuan rumah Indonesia, negara yang uturt serta adalah Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Singapura dan Brunei Darussalam.

(B016/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga