Rabu, 20 Agustus 2014

Museum tertua di Indonesia akan direnovasi

Sabtu, 30 Juni 2012 12:30 WIB | 3.920 Views
Museum tertua di Indonesia akan direnovasi
Museum Radya Pustaka (wikipedia.org)
Solo (ANTARA News) - Museum tertua di Indonesia, Radya Pustaka, di Solo akan direnovasi pada tahun ini dengan biaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar Rp6 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Surakarta Boedi Soeharto, Sabtu, memastikan rencana renovasi tersebut. Ia mengatakan telah bertemu dengan perwakilan dari Direktorat Pelestarian Cagar Budaya, Kemdikbud, untuk membahas renovasi museum tersebut.

"Kemarin saya sudah bertemu dan membahas kepastian dana renovasi. Itu sudah pasti karena sudah masuk dalam DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) di Kemdikbud. Kemungkinan pada Juli minggu pertama sudah bisa dicairkan," katanya.

Menurut Boedi, pradesain untuk renovasi museum yang didirikan pada 1890 itu sudah pernah dibuat sebelumya. Renovasi Museum Radya Pustaka meliputi seluruh bagian bangunan.

"Pada pradesain direncanakan ada penambahan gudang di bagian belakang. Tetapi nanti disesuaikan lagi, karena ada konsultan perencanaan juga," katanya.

Sementara itu, tentang status tanah Sriwedari yang digunakan untuk Radya Pustaka, ia mengatakan persoalan itu sudah disampaikan pada pihak Kemdikbud dan tidak akan menjadi masalah.

"Saya juga sudah sampaikan, tanah yang dipakai museum itu masih sengketa. Tetapi menurut mereka, itu tidak menjadi kendala karena kategorinya renovasi, bukan membuat bangunan baru," katanya.

(J005)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga