Jumat, 31 Oktober 2014

BI Serang bantu kembangkan peternakan domba

| 2.929 Views
id bantuna peternakan domba, bi serang banten, bank indonesia
BI Serang bantu kembangkan peternakan domba
Bank Indonesia - BI (FOTO ANTARA News)
Bantuan yang diberikan berupa pelatihan pengolahan kompos, pelatihan inseminasi buatan, dan pelatihan Lembaga Keuangan Mikro, bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran,"
Pandeglang (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten memberikan bantuan teknis kepada para peternak domba di Klaster Kampung Ternak Domba Terpadu, Kelurahan Juhut, Kabupaten Pandeglang, dalam upaya mengembangkan sektor peternakan.

"Bantuan yang diberikan berupa pelatihan pengolahan kompos, pelatihan inseminasi buatan, dan pelatihan Lembaga Keuangan Mikro, bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran," kata Kepala Divisi Kajia Ekonomi BI Kantor Perwakilan Wilayah Enam Jabar Rahmat di Pandeglang, Sabtu.

Rahmat mengatakan bahwa pemberian bantuan melalui BI Banten itu sudah dirintis sejak Tahun 2011 melalui kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, khusus tentang pengembangan klaster agribisnis terpadu di Pandeglang, yang tahap awal difokuskan pada pengembangan Kawasan Ternak Domba Terpadu Juhut menjadi sebuah klaster.

Penandatanganan berlaku selama tiga tahun, yakni pada tahun pertama (2011) telah diberikan bantuan sarana/prasarana bangunan Lembaga Keuangan Mikro berserta perlengkapannya, rumah kompos, rumah biogas dan peralatan pengolahan talas beneng, serta pelatihan tentang tatacara pengelolaan lembaga keuangan mikro.

Kemudian, pada tahun kedua (2012), disepakati tiga pelatihan, yaitu pelatihan pengolahan kompos, pelatihan inseminasi buatan, dan pelatihan lembaga keuangan mikro (LKM).

"Untuk pelatihan pengolahan kompos telah dilaksanakan dua hari yang lalu, sedangkan untuk pelatihan LKM akan dilaksanakan di semester II," kata Rahmat.

Khusus mengenai pelatihan inseminasi buatan dilaksanakan bekerja sama dengan IKA Fakultas Peternakan Unpad yang secara kebetulan mengadakan kegiatan bakti sosial selama tiga bulan di Juhut.

Sementara itu, Gatot dari Kantor Perwakilan BI Banten mengatakan bahwa kegiatan tersebut sekaligus dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Ke-59 Bank Indonesia .

"Dalam peringatan HUT BI ini kami beri tema `Peduli Bangsa Lestarikan Budaya` karena secara kebetulan juga Banten Haritage mengadakan gelar seni budaya," kata Gatot.

Dalam acara tersebut, lanjut dia, BI memberikan hadiah untuk lomba penampilan domba berupa piala dan uang tunai, serta bantuan seperangkat alat kesenian pencak berikut 10 set seragam adat Baduy kepada kelompok seni di Juhut.

Gatot juga menambahkan, dalam rangkain HUT BI, pihaknya juga memberikan bantuan kepada beberapa pesantren di Serang dan Lebak dengan jumlah bantuan Rp59 juta. ***2***

(U.R010/B/D007/D007) 30-06-2012 13:58:25

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga