Selasa, 23 Desember 2014

Harga tiket masuk Candi Borobudur naik

| 10.628 Views
id candi borobudur, tiket masuk candi, wisatawan mancanegara
Harga tiket masuk Candi Borobudur naik
Sejumlah seniman menari bersama pada acara Srawung Seni Segara Gunung di panggung terbuka taman Aksobya, kawasan Taman Wisata Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah.(FOTO ANTARA/Anis Efizudin)
Kami terus berupaya mempromosikan Candi Borobudur dalam skala internasional dan kami optimistis hal ini akan mengangkat objek wisata Candi Borobudur
Magelang (ANTARA News) - Harga tiket masuk Candi Borobudur untuk wisatawan mancanegara (wisman) naik 25 hingga 33 persen mulai 1 Juli 2012.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Purnomo Siswoprasetjo, di Magelang, Sabtu, mengatakan alasan kenaikan harga tersebut adalah untuk peningkatan pelayanan, perbaikan fasilitas, dan promosi.

Harga tiket bagi wisman pelajar atau anak yang semula ditetapkan 8 dolar AS, naik menjadi 10 dolar. Sedangkan untuk wisman dewasa naik menjadi 20 dolar, dari yang sebelumnya hanya 15 dolar AS.

Kenaikan harga tiket masuk bagi wisman tersebut, katanya, juga diberlakukan untuk Candi Prambanan yakni menjadi 18 dolar AS dan Ratu Boko menjadi 13 dolar AS.

Keputusan menaikkan harga tiket, katanya, merupakan kebijakan yang kurang populis.  Namun kebijakan ini telah dikaji secara matang mengenai dampak yang mungkin timbul akibat penyesuaian tersebut.

"Kami telah mensosialisasikan penyesuaian harga ini dengan pelaku wisata khususnya travel agent agar semua dapat mengetahui dan menyesuaikan dengan kebijakan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko," katanya.

Ia menyebutkan, kunjungan wisman ke Candi Borobudur saat ini berkisar 300 hingga 600 orang setiap hari. Pengunjung mancanegara terbanyak berasal dari Belanda, Jepang, dan Malaysia.

"Harapan kami, angka kunjungan ke Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dapat meningkat," katanya.

(H018)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga