Jumat, 31 Oktober 2014

Menteri Kehutanan ajak masyarakat giat tanam pohon

| 5.342 Views
id Menteri kehutanan, Menhut zulkifli hasan, ajak masyarakat tanam pohon, kegiatan penanaman satu juta pohon
Menteri Kehutanan ajak masyarakat giat tanam pohon
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (FOTO ANTARA)
saat ini penebangan hutan di Indonesia mencapai 450.000 pohon per tahun sehingga membutuhkan penghijauan kembali atau reboisasi."
Sukadana (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengajak masyarakat untuk terus menggiatkan diri dalam penanaman pohon guna meminimalisasi terjadinya bencana akibat kerusakan alam, sekaligus meningkatkan kesejahteraan mereka.

Saat menghadiri kegiatan penanaman satu juta pohon di Kawasan Danau Beringin Indah Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Sabtu, Menhut mengatakan, saat ini penebangan hutan di Indonesia mencapai 450.000 pohon per tahun sehingga membutuhkan penghijauan kembali atau reboisasi

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Timur itu, ia menerangkan, sebelum tahun 2008 penebangan hutan mencapai dua juta hektare pohon, kemudian pada tahun 2009 mencapai 3,5 juta hektare, sedangkan saat ini sudah turun menjadi 450.000 hektare per tahun.

Ia mengatakan akan terus melakukan gerakan menanam dan terus menanam bagi penduduk di seluruh Indonesia. Dengan menanam pohon, masyarakat juga akan merasakan hasil dan manfaatnya atau nilai ekonomis dari tanaman tersebut.

Ia mencontohkan, seperti halnya areal hutan di Lampung Timur, sebanyak 30 persen merupakan hutan Taman Nasional Way Kambas dan saat ini masih kerap menjadi sasaran penebangan liar sehingga habitat satwa liar terus terancam.

Dampaknya, kata dia banyak terjadi konflik antara satwa liar dengan manusia akibat habitatnya terusik dan terus berkurang akibat pengerusakan oleh masyarakat yang menggantinya menjadi pemukiman atau lahan pertanian.

Pria kelahiran Lampung itu kembali mengulas dan mengapresiasi atas keberhasilan seekor Badak Sumatera bercula dua yang melahirkan anak di Suaka Rhino Sumatera (SRS) TNWK Lampung Timur sepekan lalu yang diberi nama "Andatu".

"Kelahiran ini merupakan keberhasilan pertama sejak upaya konservasi pengembangan 124 tahun silam," ulas dia.

Selain menanam pohon secara simbolis, Menhut bersama sejumlah pejabat setempat juga menebar benih ikan nila di Danau Beringin Indah, Sukadana agar dapat menjadi tumpuan pendapat masyarakat setempat sekaligus sebagai upaya menjaga kelestarian alam.

(A054/H-KWR)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga