Sabtu, 26 Juli 2014

Pemkab Pandeglang perhatikan kondisi sanitasi

Sabtu, 30 Juni 2012 21:25 WIB | 3.002 Views
Pandeglang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, akan lebih memperhatikan masalah sanitasi, terutama di kecamatan yang kondisi sanitasinya kurang memadai.

"Selama ini sanitasi belum dianggap sebagai masalah sekunder, sehingga kurang mendapat perhatian. Ke depan kita akan memberi perhatian secara serius," kata Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi di Pandeglang, Sabtu.

Ia menjelaskan, di daerah itu masih ada sembilan kecamatan yang kondisi sanitasinya kurang memadai, sehingga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan pada warga setempat.

Sembilan kecamatan itu, yakni Sumur, Cibitung, Cigeulis, Sobang, Munjul, Angsana, Sindangresmi, Cisata dan Cikedal," katanya di Pandeglang, Kamis.

Sanitasi merupakan satu aspek pembangunan memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan masyarakat, karena berkaitan dengan kesehatan, pola hidup, kondisi lingkungan permukiman serta kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Seiring dengan tuntutan peningkatan standar kualitas hidup masyarakat maka sanitasi menjadi salah satu aspek pembangunan yang harus diperhatikan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Aah Wahid Maulany menjelaskan, masalah sanitasi jangan dianggap enteng, karena kalau sanitasi kurang baik maka kehidupan juga baik.

Mengingat pentingnya sanitasi, pemerintah Kabupaten Pandeglang menyusun buku putih berjudul "Sanitasi Kabupaten Pandeglang", yang merupakan syarat dalam percepatan pembangunan sanitasi di daerah itu. (S031/R010)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga