Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa pukul 07.00 WIB bertolak menuju Darwin Australia untuk kunjungan kerja selama tiga hari dalam rangka pertemuan tahunan pemimpin Indonesia dengan Australia.

"Sebagaimana diketahui antara Indonesia dengan sejumlah negara sahabat memiliki annual leaders meeting. Dalam hal ini yang berlangsung setiap tahun adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Australia," kata Presiden saat menyampaikan keterangan pers di Ruang VVIP Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta di Jakarta, Senin.

Kepala Negara mengatakan, pertemuan antara Presiden RI dengan Perdana Menteri Australia Julia Gillard berlangsung pada November 2011 di Bali, sedangkan pada 2012 di Darwin.

"Beberapa agenda akan dibahas, tetapi kita fokus pada prioritas agenda di bidang ekonomi," katanya.

Setelah melakukan kunjungan kerja ke Australia, Presiden dan rombongan kemudian berkunjung ke Nusa Tenggara Timur khususnya Sumba Timur.

Kepala Negara mengatakan dalam kunjungan itu akan meninjau perkembangan pembangunan di daerah tersebut sekaligus melihat hal-hal yang perlu mendapat perhatian khusus pemerintah pusat.

Selain didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, Presiden juga didampingi oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menlu Marty Natalegawa, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mensesneg Sudi Silalahi, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Sejumlah gubernur yang mendampingi Presiden antara lain Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, dan Gubernur Papua Barat Abraham Ataruri.
(P008/M029)