Rabu, 30 Juli 2014

Pendukung Italia, "Mimpi telah usai"

Senin, 2 Juli 2012 14:29 WIB | 783 Views
Pendukung Italia,
Para penggemar melambaikan tangan kepada bus yang mengangkut pemain-pemain tim nasional sepak bola Italia (AFP PHOTO)
Roma (ANTARA News) - Pendukung Italia seakan terbangun kemudian terhenyak dari buaian mimpi-mimpi kemenangan setelah menyaksikan tim kesayangannya terjungkal 0-4 dari Spanyol di ajang final Piala Eropa 2012.

Para pendukung Italia yang nonton bareng di sejumlah kawasan di kota Roma menanggap kekalahan itu sebagai sebuah bencana dan sebuah peristiwa memalukan.

"Kekalahan ini bencana, mimpi telah usai," kata Claudio Marangoni (28), pegawai dinas angkutan kota yang menghiasi pipinya dengan polesan cat warna bendera Italia.

"Tidak ada yang berharap akhirnya seperti ini. Kekalahan ini jelas merupakan penghinaan," katanya.

Iring-iringan dari ribuan pendukung Italia telah mengibarkan bendera untuk menyambut pesta kemenangan setelah Gli Azzurri mengalahkan Jerman 2-1 dalam semi-final Piala Eropa 2012.

Gemuruh dukungan tiba-tiba mereda manakala gawang Italia kebobolan dua gol. "Kami tampak tidak bermain, kami tidak menyaksikan sebuah laga layaknya," kata Gianluca Malglia, yang merefleksikan perasaan gundah dari para pendukung setelah menyaksikan ketidakmampuan Azzurri memberi perlawanan kepada La Furia Roja.

Kesempatan seakan pupus manakala Thiago Motta mengalami cedera. Sementara pelatih Cesare Prandelli telah menurunkan tiga pemain pengganti. Ini justru menambah rumit kondisi Italia.

Tim asuhan Prandelli memberi sekerat harapan ketika mereka menundukkan Der Panzer. Kemenangan itu diperoleh lantaran penampilan luar biasa dari striker Mario Balotelli bermodal kepercayaan diri.

Perdana Menteri Mario Monti mengatakan kekalahan Italia di ajang Piala Eropa justru telah memberi kebanggaan kepada Italia.

"Mereka merasa sedikit tertekan. Biar bagaimanapun mereka telah tampil sebagai tim yang hebat. Kami orang Italia punya kemampuan mengatasi segala momen kesulitan. Ini momen luar biasa di ajang olah raga," katanya kepada stasiun televisi SkyTG24.

"Tidak seharusnya berakhir seperti ini. Saya harap dan berharap dengan mengibarkan bendera. Meski akhirnya tidak beroleh apa-apa, " kata Federico Izzo bersama dengan rekan-rekannya.

Meski merasa kecewa dengan kekalahan Gli Azzurri, Monti berharap capaian tim Italia, yang diguncang skandal di ajang sepak bola domestik, justru mampu memotivai seluruh awak negeri agar mendongkrak prestasi Italia di masa depan.

"Kami gembira dengan capaian ini. Ini oke saja," kata Antonio Gianpaolo.
(A024)    

Penerjemah: PR Wire

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top Stories
Baca Juga