Minggu, 21 Desember 2014

Ribuan petani akan demo di Jakarta tolak RPP tembakau

| 2.834 Views
id petani tembakau, rpp tembakau, tembakau, rokok
Ribuan petani akan demo di Jakarta tolak RPP tembakau
Ilustrasi. Petani menyiram tanaman tembakau di Desa Jarin, Pamekasan, Jatim. (FOTO ANTARA/Saiful Bahri)
Kami berharap supaya RPP tembakau itu tidak disahkan...
Temanggung (ANTARA News) - Ribuan petani tembakau di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Senin, berangkat menuju Jakarta untuk berdemonstrasi menolak rencana pengesahan rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang tembakau.

Para petani asal Temanggung itu nanti akan bergabung dengan rombongan petani dari Wonosobo, Kendal, Boyolali, Jawa Timur, dan Jawa Barat, untuk berunjuk rasa, kata Sekretaris Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Temanggung, Agus Setyawan, Senin.

Agus menyebutkan, ada sekitar 100 bus dari Jawa Tengah yang disiapkan untuk mengangkut para petani itu berangkat ke Jakarta.

Agus mengatakan unjuk rasa penolakan RPP Tembakau akan dilakukan selama dua hari di Jakarta yakni Selasa (3/7) dan Rabu (4/7).

Pada hari pertama, para petani akan berdemonstrasi di Kementerian Koordinator Kesejahteraan, Kementerian Hukum dan HAM, serta kementerian Kesehatan.

Pada hari kedua, Rabu, demonstrasi akan dilakukan di beberapa lembaga antitembakau, yakni Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia, dan di Indonesia Corruption Watch (ICW).

Salah seorang petani, Subakir yang juga Kepala Desa Legoksari, Kecamatan Tlogomulyo, Subakir mengatakan, untuk berangkat ke Jakarta, para petani rela mengeluarkan uang Rp200 ribu per orang.

"Jadi kami tidak dibayar, tetapi kami iuran untuk ikut demo," katanya.

Petani yang tidak ikut demo ke Jakarta, rela memberikan bantuan Rp50 ribu per orang untuk keperluan akomodasi di Jakarta.

"Kami berharap supaya RPP tembakau itu tidak disahkan dan mulai lagi disusun RPP dari awal dengan melibatkan petani tembakau," katanya.

(H018)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga