Sabtu, 23 Agustus 2014

NTT dilanda suhu dingin sekitar 19 derajat celcius

Senin, 2 Juli 2012 15:34 WIB | 7.885 Views
Kupang (ANTARA News) - Wilayah Nusa Tenggara Timur dilanda cuaca dingin yang bersuhu sekitar 19 derajat celcius, kondisi yang jarang terjadi di negara tropis seperti Indonesia.

"Dalam sepekan ini, cuaca dingin masih terus melanda NTT sebagai efek dari pengaruh musim dingin yang sedang terjadi di Australia saat ini," kata Kepala Seksi Informasi dan Observasi BMKG Stasiun El Tari Kupang Syaiful Hadi di Kupang, Senin.

Menurut dia, puncak cuaca dingin di NTT biasanya terjadi antara pukul 04.00-05.00 WITA dengan suhu berkisar antara 19-20 derajat celcius.

"NTT merupakan daerah yang tergolong panas dengan suhu udara berkisar antara 32-34 derajat celcius. Namun, dalam bulan ini masuk dalam ketegori musim dingin, karena pengaruh musim dingin di daratan Australia," katanya.

Cuaca dingin yang melanda NTT ini, kata Syaiful, tidak lepas dari angin kencang yang melanda NTT dengan kecepatan angin berkisar antara 15-25 knot per jam yang menyebabkan gelombang tinggi.

Angin kencang ini diprediksi masih akan melanda wilayah NTT hingga Agustus 2012 mendatang, sehingga armada pelayaran rakyat serta kapal penumpang dihimbau waspada ketika berlayar di wilayah perairan NTT.

"Kami mengimbau kepada para nelayan dan kapal-kapal pelayaran untuk selalu memantau perubahasan cuaca. Kami berharap nelayan tidak melaut pada kondisi saat ini, karena gelombang tinggi," katanya.

Dia menambahkan, perubahan cuaca itu, juga akan berpengaruh kepada perubahan gelombang di perairan NTT yang saat ini terpantu berkisar antara 2-4 meter.

Tinggi gelombang tersebut sangat berbahaya bagi pelayaran, terutama kapal-kapal nelayan berukuran kecil.

(KR-YHS)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga