Selasa, 30 September 2014

Persebaya naik peringkat dua LPI

Senin, 2 Juli 2012 18:00 WIB | 2.989 Views
Persebaya naik peringkat dua LPI
Sejumlah pesepakbola Persebaya Surabaya berlatih di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, Sabtu (21/4). (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto/12)
Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya berhasil naik ke peringkat dua Liga Primer Indonesia setelah membekuk Persiraja Banda Aceh dengan skor tipis 2-1 pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin sore.

Gol kemenangan tuan rumah dicetak Mat Halil pada menit 36 dan Fernando Soler enam menit menjelang laga bubar. Sedangkan satu gol Persiraja dicetak Arief Kurniawan menit ke-53.

Pelatih Persebaya Divaldo Alvez mengaku senang dengan kemenangan ini. Tambahan tiga poin membuat Persebaya mengemas 35 poin dan berada di bawah Semen Padang yang sudah memastikan gelar juara.

"Kami cukup puas dengan skor akhir meski hanya menang tipis. Tapi paling tidak, tiga poin kami amankan dan merangsek naik ke posisi runner up. Semoga hasil positif berlanjut di dua laga terakhir," kata pelatih berkebangsaan Portugal tersebut.

Jalannya pertandingan, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal. Tampil tanpa Andik Vermansyah yang dipanggil Timnas U-22, peluang emas didapat Mat Halil dan Mario Karlovic di lima menit awal.

Setelah itu, Persebaya terus menggempur pertahanan Persiraja Banda Aceh. Namun kuatnya lini belakang membuat striker Persebaya kehabisan cara. Hingga akhirnya pada menit ke-36, Mat Halil sukses menjaringkan bola melalui tendangan menyusur tanah yang dilesakkan pelan tepat ke sisi kiri gawang.

Skor 1-0 tidak berubah hingga wasit Saripudin meniupkan peluit akhir babak pertama.

Babak kedua, Persebaya melakukan pergantian pemain. Gelandang impor Walter Breuzela digantikan Jusmadi Abdi untuk mempertajam serangan. Namun di menit ke-53, lewat serangan balik cepat, Arief Kurniawan berhasil menyamakan kedudukan setelah sepakan kerasnya tak mampu ditepis Endra Prasetya.

Tersentak dengan gol tim tamu, Divaldo Alvez mengganti bek Jefri Prasetyo dengan Rivelino. Gelandang serang Feri Ariawan juga dimasukkan menggantikan Rendi Irawan.

Sepanjang pertandingan, permainan terkesan monoton. Meski kedua tim bermain menyerang, namun terhenti di pertahanan dan tidak ada sekalipun peluang yang mengancam.

Gol kemenangan Persebaya akhirnya tercipta di menit ke-84. Sundulan kepala Fernando Soler keras menghujam gawang Persiraja yang dijaga Zulbahra. Striker asal Argentina tersebut menambah pundi-pundi golnya usai memanfaatkan tendangan bebas Mario Karlovic.

Pelatih Persiraja Banda Aceh Herry Kiswanto mengakui kekalahan dan mengucapkan selamat atas kemenangan Persebaya. Ia mengatakan bahwa anak asuhnya lengah di sepuluh menit terakhir babak kedua.

"Kami lengah di menit akhir dan kecolongan gol tuan rumah memanfaatkan bola mati. Pertandingan enak ditonton dan kedua tim sama-sama memiliki peluang. Hanya saja kami kurang beruntung," paparnya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga