Kamis, 21 Agustus 2014

Stadion untuk Piala Asia di Riau belum teraliri listrik

Senin, 2 Juli 2012 18:09 WIB | 4.069 Views
Stadion untuk Piala Asia di Riau belum teraliri listrik
Stadion Utama Riau Suasana pembangunan Stadion Utama Riau, di Panam, Pekanbaru. (FOTO ANTARA/Hermanus Prihatna)
Pekanbaru (ANTARA News) - PT PLN menyatakan belum bisa melayani listrik untuk Stadion Utama Riau di Pekanbaru, yang akan digunakan untuk laga kualifikasi kompetisi sepak bola Piala Asia, karena pihak pengelola belum mengajukan aplikasi berlangganan listrik.

"Belum ada pengajuan penyambungan baru untuk stadion utama," kata Humas PLN Wilayah Riau-Kepri, Sarno, kepada wartawan di Pekanbaru, Senin.

Babak kualifikasi Grup E Piala Asian Footbal Confederation (AFC) bakal digelar di Pekanbaru tanggal 5-15 Juli. Dua lokasi tempat pertandingan yakni di Stadion Utama Riau dan Stadion Kaharudin Nasution.

"Kalau Stadion Kaharuddin Nasution di Rumbai sudah lama berlangganan listrik PLN," ujarnya.

Ia mendapat informasi instalasi jaringan listrik di stadion utama sudah dilaksanakan, namun pihaknya hingga kini belum menerima konfirmasi mengenai pemeriksaan instalasi dan uji coba jaringan listrik tersebut. Padahal, hasil pemeriksaan dan uji coba jaringan merupakan salah satu persyaratan penyambungan listrik baru.

Menurut dia, jika nanti pengelola stadion utama mengajukan penyambungan baru, maka pihak PLN akan menawarkan tiga alternatif. Antara lain penyambungan berkapasitas 1,1 megawatt, penyambungan berkapasitas 1,97 KVA atau multi guna.

Menurut dia, penyambungan sistem multiguna paling memungkinkan karena kapasitas pasokan listrik bisa diperbesar sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak ada kegiatan besar, lanjutnya, maka pasokan daya listrik bisa dikurangi.

Dengan begitu, pengelola stadion utama tidak membayar tarif abondemen yang cukup besar seperti pada pemasangan listrik besar dengan daya 1,1 megawatt.

"Kami menyarankan penyambungan baru nanti dengan sistem multiguna, yaitu penyambungan jaringan listrik berkapasitas fleksibel," katanya.

Ia menambahkan, pasokan listrik dan infrastruktur jaringan PLN pada dasarnya siap untuk mendukung daya listrik untuk penyelenggaraan Piala Asia bahkan PON XVIII di Riau. Semua infrastruktur dan jaringan listrik menuju ke stadion utama bisa diambil dari gardu Induk Garuda Sakti.

"Jika sudah dibayar, kita akan langsung melakukan penyambungan listrik," katanya.

(F012)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga