Sabtu, 25 Oktober 2014

Jamsostek siapkan rp1,3 miliar pinjaman rumah pekerja

| 4.745 Views
id uang muka pinjaman perumahan, pekerja anggota jamsostek, perumahan layak huni
Jamsostek siapkan rp1,3 miliar pinjaman rumah pekerja
PT Jamsostek (ANTARANEWS/istimewa)
Program Jamsostek ini guna membantu pekerja sehingga mendapatkan rumah layak huni, sebagai bagian dari program pemerintah menyediakan rumah bagi rakyat Indonesia."
Manado (ANTARA News) - PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Persero menyiapkan Rp1,3 miliar untuk pinjaman uang muka rumah bagi pekerja yang menjadi anggota Jamsostek di Provinsi Sulawesi Utara(Sulut).

"Pembiayaan Rp1,3 miliar tersebut masuk dalam program Pinjaman Uang Muka Perumahan  (PUMP) bagi pekerja yang terdaftar sebagai peserta aktif Jamsostek," kata Kepala PT Jamsostek Cabang Sulut, Arief Budiarto di Manado, Senin.

Arief mengatakan, pekerja yang bisa mendapatkan pembiayaan uang muka perumahan tersebut yakni mereka yang aktif menjadi peserta paling kurang satu tahun di perusahaan yang aktif membayar iuran kepesertaan untuk kurun waktu minimal satu tahun.

Uang muka perumahan tersebut terbagi pada tiga golongan yakni untuk pinjaman sebesar Rp20 juta bagi pekerja dengan gaji hingga Rp5 juta, bantuan Rp35 juta bagi pekerja dengan gaji Rp5 juta hingga 10 juta dan uang muka perumahan Rp50 juta untuk pekerja memiliki gaji di atas Rp10 juta.

Untuk mendapat dana PUMP ini, kata Arief, persyaratannya selain perusahaan terdaftar minimal sudah satu tahun, badan usaha tersebut harus tertib administrasi dan lunas membayar iuran, serta tenaga kerja tercatat di Jamsostek pada perusahaan yang sama minimal satu tahun.

Prosedur untuk mendapatkan pembiayaan ini, pekerja memilih rumah terlebih dulu kepada developer tertentu dengan program PUMP, setelah itu pekerja melengkapi berkas di Jamsostek, dan setelah klarifikasi dilakukan akan dikeluarkan rekomendasi pencairan dana di bank pelaksana program ini yakni BNI dan BTN.

Kepala Bidang Pemasaran Jamsostek Sulut, Dewi Mulya Sari mengatakan, untuk tahun 2012 ini sudah terealisasi sebesar Rp560 juta, diharapkan sisa dana tersebut dari target Rp1,3 miliar, dapat dioptimalkan para pekerja guna memiliki rumah yang layak huni.

"Program Jamsostek ini guna membantu pekerja sehingga mendapatkan rumah layak huni, sebagai bagian dari program pemerintah menyediakan rumah bagi rakyat Indonesia," kata Dewi. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca