Brasilia (ANTARA News) - Para analis memangkas proyeksi mereka untuk pertumbuhan PDB Brazil tahun ini dari 2,18 persen menjadi 2,05 persen, menurut sebuah survei mingguan yang dirilis oleh Bank Sentral Senin.

Survei bank terhadap hampir 100 operator pasar dan analis berdasarkan perkiraan terendah tentang berlanjutnya dampak krisis utang zona euro dan data yang menunjukkan bahwa produk domestik bruto negara itu naik 0,2 persen dalam tiga bulan pertama 2012, AFP.

Pekan lalu, bank sentral memangkas perkiraan PDB resmi untuk 2012 menjadi 2,5 persen dari 3,5 persen yang diproyeksikan tiga bulan lalu.

Dan industri Brazil yang sudah kesulitan diperkirakan tumbuh lemah 0,39 persen tahun ini, menurut survei tersebut.

Pekan lalu, pemerintah mengumumkan rencana untuk mengeluarkan empat miliar dolar AS untuk pembelian barang dan peralatan domestik guna menghidupkan kembali ekonomi yang lesu, "terutama dalam paruh kedua tahun ini."

Pertumbuhan raksasa Amerika Selatan ini merosot menjadi 2,7 persen pada 2011 setelah ekspansi sebesar 7,5 persen tahun sebelumnya, mendorong para menteri untuk mengambil langkah-langkah mengurangi biaya investasi dan merangsang bisnis baru. (A026)