Minggu, 21 Desember 2014

Semen Padang gelar lomba beton mutu tinggi

| 3.502 Views
id PT Semen Padang, gelar lomba beton mutu tinggi antarmahasiswa, mahasiswa teknik sumbar, riau, jambi
Padang (ANTARA News) - PT Semen Padang akan menggelar Lomba Beton Mutu Tinggi antarmahasiswa teknik sipil dari perguruan tinggi di Sumatera Barat, Riau, dan Jambi pada 9-10 Juli 2012.

Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun pengambilalihan PT Semen Padang yang ke-54 pada 5 Juli 2012, kata ketua panitia lomba Nelvi Irawati di Padang, Senin.

Nelvi menjelaskan, lomba bertujuan meningkatkan profesionalitas dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi dalam bidang teknologi beton dan peningkatan mutu konstruksi.

Selain itu, ajang ini juga merupakan upaya meningkatkan peran aktif mahasiswa teknik sipil di bidang teknologi beton agar memahami bagaimana cara mendesainnya sehingga mendapatkan beton bermutu tinggi, kata dia.

Kemudian, lomba ini merupakan sarana promosi semen jenis Portland Composite Cement (PCC) kepada konsumen yang dapat digunakan untuk konstruksi bangunan.

Ia menyampaikan, peserta lomba mendaftar berdasarkan rekomendasi dari ketua jurusan, maksimal dua grup dari tiap perguruan tinggi dimana setiap grup terdiri atas tiga orang.

Panitia menargetkan jumlah peserta sebanyak 108 orang yang berasal dari sembilan perguruan tinggi. Penilaian lomba dilakukan dengan menguji kekuatan tekan beton umur 28 hari dari rata-rata tiga benda uji dalam kg/cm2.

Pemenang ditentukan dari hasil nilai kuat tekan beton tertinggi yang akan memperebutkan hadiah senilai total Rp16,5 juta.

Ia menyebutkan, lomba serupa pertama kali diadakan PT Semen Padang pada 2008 dengan menggunakan semen tipe Portland Pozzoland Cement (PPC) sesuai dengan SNI 150302-2004.

Pada 2008 lomba diikuti sebanyak 15 kelompok dari delapan perguruan tinggi yang ada di Sumatera Barat.

(KR-IWY/R014)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga