Kamis, 30 Oktober 2014

"Ibukota mini" Korea Selatan ada di Sejong

| 2.830 Views
id seoul, korea selatan, kota sejong, ibu kota seoul, ibu kota baru korea selatan,
Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan meresmikan 'ibukota mini' sebagai  sebagai pusat pemerintahan baru yang ada di bagian selatan Seoul.

Kota Sejong, 120 km dari Seoul, sudah direncanakan sebagai ibukota baru, namun selama ini pengadilan tinggi menganggap langkah itu sebagai tindakan ilegal.

Memindahkan beberapa kantor pemerintahan adalah salah satu cara untuk meratakan pertumbuhan ekonomi dan menghapus kemacetan, kata para pendukung ibukota baru itu seperti dilansir dalam laman bbc.co.uk

Namun, kritikus menilai bahwa perpindahan ini tidaklah efisien.

Proposal awal untuk membuat Sejong sebagai ibukota baru muncul tahun 2002, namun tahun 2004 Mahkamah Konstitusi menolak ide ini.

Setidaknya ada sekitar 36 lembaga dan kantor pemerintahan dijadwalkan untuk pindah ke Kota Sejong tahun 2015. Harapannya, ribuan pegawai negeri sipil ikut pindah beberapa tahun berikutnya.

Kantor pemerintahan utama seperti kantor presiden dan kementrian pertahanan dan luar negri tetap berada di Seoul.

Selain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, letak Kota Sejong yang jauh dari perbatasan dengan Korea Utara juga jadi pertimbangan keamanan.

"Ada kekhawatiran akan terjadi," kata Perdana Menteri Kim Hwang-Sik.

"Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk mengatasai kekhawatiran tersebut dan menciptakan keseimbangan serta berkoordinasi antara lembaga pemerintahan."

Salah satu staf pemerintah yang diwawancarai oleh BBC mengatakan bahwa butuh waktu dua jam untuk kembali ke Seoul agar bisa menghadiri rapat.

(dny)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga