Kamis, 23 Oktober 2014

24 Perusahaan ASEAN raih AREA 2012

| 2.976 Views
id Perdagangan ASEAN, ASEAN Free Trade, kontrak bisnis ASEAN, AREA 2012
Singapura (ANTARA News)  - Pada 29 Juni 2012, bertempat di Marina Bay Sands, Singapura, dua puluh empat perusahaan dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand secara khusus menerima penghargaan bergengsi Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) 2012. Penghargaan ini dipersembahkan oleh Enterprise Asia, lembaga non-pemerintah tingkat regional Asia Pasifik.
 
AREA merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai telah melakukan program CSR (corporate social responsibility) yang efektif, tepat sasaran, dan berkelanjutan. Penghargaan inipun diharapkan dapat mendorong kepemimpinan korporasi dimasa depan dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan untuk setiap wilayahnya.
 
Diselenggarakan di empat sub-wilayah Asia: Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Barat, total terdapat 32 negara yang turut berpartisipasi untuk mempromosikan tanggung jawab sosial perusahaan di Asia.
 
Penghargaan ini mengakui bahwa setiap perusahaan melakukan inisiatif program-program CSR dan berdampak posiif terhadap masyarakat dan lingkungannya melalui proyek-proyek Corporate Sustainability dalam lima kategori: Social Empowerment (Pemberdayaan Sosial), Green Leadership (Kepemimpinan Hijau), Health Promotion (Promosi Kesehatan), Investment in People (Penyertaan Modal pada Masyarakat), dan SME CSR (CSR untuk UKM).
 
Nominasi penghargaan menjalani evaluasi ketat dan proses penjurian dalam waktu 6 bulan. Sebelum dipilih untuk menjadi calon pemenang yang berkualifikasi tinggi, tim juri melakukan kunjungan wajib pada setiap perusahaan untuk proses audit.
 
Diantara para pemenang yang terpilih adalah PT Adaro dari Indonesia yang memiliki program sponsor operasi katarak gratis sejak tahun 2003 kepada lebih dari 4.000 pasien kurang mampu di seluruh Indonesia. Ada pula Keppel Land dari Singapura yang meraih penghargaan untuk kategori Green Leadership (Kepemimpinan Hijau) untuk upaya lanjutan mereka dalam mengurangi konsumsi energi dan air dan meminimalkan emisi karbon yang telah dikenal secara luas sebagai salah satu program paling menonjol dalam industri. Dari Filipina diwakili Globe Telecom yang menerima penghargaan kategori pemberdayaan masyakat dengan programnya "Ka Sagot ni Kap!" yang memberdayakan masyarakat di seluruh Filipina dengan komunikasi dan perangkat teknologi informasi.
 
Dari semua kategori, Perusahaan Malaysia dan Thailand menerima penghargaan terbanyak dengan masing-masing 6 penghargaan. Sedangkan, perusahaan Indonesia meraih 5 penghargaan, Singapura meraih 4 penghargaan, dan Filipina meraih 3 penghargaan.
 
William Ng, President Enterprise Asia, mengatakan bahwa melalui penghargaan ini, organisasi berharap untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya kewirausahaan yang bertanggung jawab sosial sebagai pendorong penting perubahan dalam membina generasi masa depan dan individu yang lebih bertanggung jawab secara sosial.
 
"Lebih dari sebelumnya, kita sekarang melihat pentingnya melembagakan kewirausahaan yang bertanggung jawab sosial dengan tujuan untuk melindungi pasar, nilai saham, dan kelanjutan dari sebuah bisnis. Melakukan sesuatu yang baik lebih dari sekedar kewajiban sosial, dan hal itu penting untuk bisnis," ucapnya.
 
Ng menambahkan bahwa para nominasi penerima penghargaan pada tahun ini telah meningkat secara kuantitatif dan kualitatif. Hal ini menunjukkan meningkatnya kesadaran di kalangan korporasi dan meningkatkan kematangan masyarakat CSR Asia dalam setiap programnya.
 
Daftar Penerima Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 Southeast Asia
 
I. Green Leadership Award
 
- Double A (1991) PLC, Thailand: The Revolutionary Solution to Sustainable Sourcing of Fiber: Paper from Khan-Na
- Keppel Land Limited, Singapore: Ocean Financial Center (OFC)
- Pimalai Resort and Spa, Thailand: The Pimalai Environment Responsible Project
- Martina Berto Tbk, Indonesia: Green Movement
- QL Resources Berhad, Malaysia: Palm Biomas Pellet Biofuel Project
- Rizal Commercial Banking Corporation, Philippines: RCBC "It's Our Nature to Care" Campaign
- YTL Corporation Berhad, Malaysia: Coral Reef Conservation and Rehabitation at Pangkor Island
 
II. Social Empowerment Award
 
- Globe Telecom, Philippines: Globe Bridging Communities
- L'Oreal, Thailand: Thailand Beautiful Tomorrow
- Mastercard Worldwide, Singapore: Project Inspire: 5 minutes to Change the World
- Maxis Berhad, Malaysia: Maxis Cyberkids Programme
- PT Sampoerna Tbk, Indonesia: Community Empowerment in Managing Natural Resources
- Rapu-Rapu Minerals Inc, Philippines: Community Development Assistance Program
- Selangor Dredging Berhad, Malaysia: One-Two Juice
- Sinarmas Forestry, Indonesia: Empowerment Program for Ex-Illegal Loggers
 
III. Health Promotion Award
 
- Pantai Holdings Berhad, Malaysia: Pantai Think Pink!
- PT Adaro, Indonesia: Indonesia Free Cataract Surgeries for Underpreveleged Patients
- Standard Chartered Bank, Singapore: Seeing is Believing
- Thai Life Insurance PLC, Thailand: One's Gift for Life. Too May for the Disabled
 
IV. Investment in People Award
 
- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Indonesia: The Mandiri Young Entrepreneur Program
- Siam Cement Group, Thailand: Embedding People Value for Sustainable Future
- Starhub Limited, Singapore: Ongoing Employee Engagement and Retention Efforts
 
V. SME CSR Award
 
- Borneo Rainforest Vanilla Sdn Bhd, Malaysia: Product Buy-Back Guarantee
- Sampran Riverside, Thailand: Sampran Cooperative Group
 
 
Tentang Enterprise Asia
 
Enterprise Asia adalah perusahaan non-pemerintah yang bergerak dalam pengembangan kewirausahaan tingkat Asia Pasifik. Dalam kegiatannya, organisasi ini mempromosikan peluang dan aturan-aturan dasar yang adil bagi setiap kewirausahaan agar bersikap jujur, adil, dan bertanggung jawab di seluruh Asia.

Organisasi ini percaya bahwa dasar ekonomi suatu bangsa terletak pada sumber daya kewirausahaan yang jika dipelihara dengan baik dapat menjadi aset yang paling ampuh untuk perencanaan ekonomi yang berkelanjutan dan prediksi yang matang.

Dengan semangat kewirausahaan tertanam dalam budaya suatu negara, masalah sosial dan ekonomi, termasuk kemiskinan perkotaan, disparitas pendapatan kota desa, dinamika rasial atau sensitifitas budaya, eksploitasi tenaga kerja dan perbudakan ekonomi dapat dikurangi dan akhirnya diberantas.
 
Enterprise Asia juga bekerjasama dengan pemerintah, LSM dan organisasi lainnya untuk meningkatkan daya saing dan pengembangan kewirausahaan.

Tujuannya adalah mengangkat status ekonomi setiap individu di seluruh Asia dalam memastikan warisan harapan, inovasi dan keberanian untuk generasi mendatang.
 
Untuk informasi lebih lanjut dan daftar pemenang penghargaan AREA2012, kunjungi www.EnterpriseAsia.org.

(advertorial)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga