Sabtu, 1 November 2014

Puluhan tentara Suriah membelot ke Turki

| 3.302 Views
id tentara suriah, krisis suriah, jet tempur turki, turki-suriah, suriah-turki
Puluhan tentara Suriah membelot ke Turki
Pengungsi Suriah melakukan aksi protes menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad di perbatasan Suriah-Turki Maret lalu. Turki menyatakan membuat "zona netral" untuk melindungi pengungsi Suriah.(REUTERS/Murad Sezer )
Ankara (ANTARA News) - Puluhan tentara Suriah, termasuk para perwira tinggi, membelot ke negara tetangganya, Turki, pada Senin.

Ada 85 prajurit yang melarikan diri termasuk seorang jenderal dan para perwira senior lain, kata pejabat setempat seperti dikutip Kantor Berita Anatolia.

Pembelotan terbaru itu membawa 14 jenderal Suriah untuk menyeberang ke Turki, meninggalkan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Kelompok terakhir tentara yang menyeberang ke Turki melalui Reyhanli adalah bagian dari kelompok yang terdiri atas 293 orang, termasuk diantaranya perempuan dan anak-anak.

Kantor Berita AFP melaporkan, Turki telah menjadi tempat berlindung bagi lebih dari 35.000 pengungsi Suriah, termasuk banyak pembelot militer dari negara yang telah melakukan tindakan keras terhadap para pengunjuk rasa oposisi itu.

Ketegangan antara kedua negara telah meningkat sejak Suriah menembak jatuh satu pesawat jet tempur Turki bulan lalu.

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga