Sabtu, 26 Juli 2014

Afghanistan tuduh Pakistan lakukan serangan roket

Selasa, 3 Juli 2012 09:23 WIB | 2.294 Views
Afghanistan tuduh Pakistan lakukan serangan roket
Petugas Polisi Perbatasan Afghan (ABP) di Combat Outposy Penich, Provinsi Kunar, dekat perbatasan Afghanistan-Pakistan. Pakistan menuduh Kabul tak berbuat cukup untuk melenyapkan basis gerilyawan di perbatasan seperti Kunar. (REUTERS/Erik De Castro)
Kabul (ANTARA News) - Afghanistan menuduh tentara Pakistan melancarkan serangan roket selama beberapa bulan ke wilayahnya dan mengancam akan melaporkan Islamabad ke Dewan Keamanan PBB karena telah memicu ketegangan antara dua negara.

"Kami sekarang memiliki cukup fakta yang membuktikan roket-roket yang digunakan dalam serangan adalah milik tentara Pakistan," kata juru bicara Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan Shafiqullah Taheri kepada Reuters.

"Pakistan tidak pernah bertindak seberani ini dalam sejarahnya... Mereka tahu bahwa pasukan keamanan Afghanistan tidak bisa bereaksi, jadi mereka menyerang kami," tambahnya.

Kabul akan melaporkan Islamabad kepada Dewan Keamanan PBB jika serangan-serangan seperti itu terus berlanjut dan pembicaraan dengan Pakistan beberapa hari mendatang tidak membuahkan hasil, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Faramarz Tamana.

"Jika pembahasan-pembahasan diplomatik tidak membawa hasil positif, kita akan merujuk masalah ini kepada Dewan Keamanan PBB," katanya kepada Reuters.

Kabul secara teratur menuduh unsur-unsur pemerintah dan tentara Pakistan mendukung gerilyawan memerangi pemerintah Kabul yang didukung Amerika Serikat. Tuduhan-tuduhan itu dibantah oleh Pakistan.

Tetapi ini adalah kali pertama Afghanistan menuduh Pakistan secara langsung bertanggung jawab atas ratusan serangan roket di kawasan hutan provinsi perbatasan Kunar, yang disebut telah menewaskan empat warga sipil sejak Maret.

Afghanistan dan Pakistan sebelumnya menuduh Taliban melakukan serangan-serangan di Kunar, sebagai bagian dari pemberontakan kelompok militan yang mengganggu kedua sisi perbatasan.

Komentar-komentar Taheri muncul sepekan setelah Pakistan menuduh pasukan Afghanistan dan pasukan NATO gagal untuk mengambil tindakan terhadap apa yang dia katakan sebagai tempat persembunyian nyaman Taliban di wilayah Kunar dan lainnya.

Seorang pejabat intelijen Pakistan pada Senin menuduh pasukan Afghanistan menyeberang ke wilayah Pakistan pada Minggu dan menewaskan dua anggota suku.

"Orang-orang berseragam Tentara Nasional Afghanistan memasuki ke wilayah Pakistan di Ghozdarra wilayah Kurram. Mereka melepaskan tembakan ke arah sebuah rumah, menewaskan dua orang," kata pejabat intelijen.

"Penduduk desa kembali ditembaki dan para penyerang kemudian pergi," tambahnya.

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga