Sabtu, 25 Oktober 2014

Rupiah melemah 38 poin

| 2.796 Views
id rupiah, nilai tukar rupiah, transaksi antarbank, rupiah melemah, rupiah terhadap dolar as
Jakarta (ANTARA News) - Mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Selasa pagi kembali melemah, yakni 38 poin.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta bergerak melemah 38 poin menjadi Rp9.418 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.380 per dolar AS.

Pengamat pasar Monex Futures Investindo Johanes Ginting di Jakarta, mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dipengaruhi oleh belum adanya kepastian baru atas kesepakatan pertemuan puncak pemimpin negara kawasan Euro.

Ia mengatakan Finlandia dan Belanda menentang wacana penggunaan fasilitas dana bailout permanen negara Euro untuk membeli obligasi pemerintah di pasar sekunder.

"Kabar itu telah memicu ketidakpastian baru atas kesepakatan pertemuan puncak pemimpin Eropa akhir pekan lalu, dimana pemimpin Eropa sepakat bahwa fasilitas dana penyelamatan dapat digunakan untuk menstabilkan pasar obligasi," katanya.

Ia menambahkan, kalangan pasar juga menilai rupiah kemungkinan akan tetap berada di bawah tekanan menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) pekan ini.

Sementara, analis Valas Harvest International Futures, Tony Mariano menambahkan, euforia pertemuan pemimpin zona Euro yang menyetujui pelonggaran pemberian dana talangan (bailout) telah teredam.

Ia mengatakan hasil pertemuan itu sempat memberi sedikit ketenangan untuk pelaku pasar meski pergerakan rupiah terhadap dolar AS masih dalam kisaran sempit.

"Namun, tetap harus diingat oleh pelaku pasar, pemberian dana itu belum terealisasikan sehingga masih dalam bentuk wacana saja," ujarnya.

Menurut dia, hasil pertemuan pemimpin Euro itu hanya bersifat temporer, sehingga hal itu membatasi rally rupiah lebih lanjut terhadap dolar AS.

(KR-ZMF)

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga