Selasa, 16 September 2014

Spanyol berpesta

Selasa, 3 Juli 2012 10:18 WIB | 2.503 Views
Spanyol berpesta
Para pemain Spanyol merayakan kemenangan dengan mengangkat Piala Eropa 2012 setelah mengalahkan Italia di final Piala Eropa 2012 dengan skor 4-0, Minggu (1/7) di Stadion Olympic, Kiev. (AFP PHOTO / FRANCK FIFE) ()
Madrid (ANTARA News) - Tim sepak bola Spanyol yang memenangi gelar Piala Eropa 2012 melakukan parade kemenangan di ibukota negara Senin.

Mereka berpesta dalam suasana lautan manusia dan warna merah-kuning. Mereka berdansa ria, bernyanyi di bawah sinar mentari, sesaat melupakan krisis ekonomi yang menerpa negara mereka.

Para pemain yang mengenakan kaos merah dengan bacaan "Champions of Europe" diarak di atas bus yang atapnya terbuka, mengarah ke pusat pesta di alun-alun Plaza de Cibeles.

Para pendukung berpesta di bawah cuaca 36 derajat Celcius (97F). Mereka kerapkali disemprot dengan air. Mereka berdansa ria sementara grup band pop mengalunkan nyanyian dari panggung besar, yang dipasangi layar lebar yang sehari sebelumnya digunakan untuk menayangkan pertandingan final.

Setelah mendarat di Bandar Madrid-Barajas, kapten tim Iker Casillas berdiri di pintu pesawat Iberia Airbus A319 di depan pelatih Vicente del Bosque, sembari mengangkat piala kemenangan mereka yang terbuat dari perak.

Raja Juan Carlos (74) yang masih mengalami cedera pinggul ketika berburu di safari Afrika, bergabung dengan keluarga kerajaan dalam memeriahkan kemenangan itu di Palacio de la Zarzuela di Madrid.

"Rakyat Spanyol amat bangga dengan kalian. Amat bangga. Sebagai tim, kalian amat dahsyat," kata Raja ketika tim akan berpose untuk foto bersama.

Casillas memberikan kepada Raja kaos bernomor satu (1), ditandatangani semua pemain tim nasional negara itu.

Spanyol berpesta pora setelah tim mereka menang 4-0 atas Italia pada laga final di ibukota Ukraina, Kiev. Ini  piala ketiga dalam turnamen besar yang mereka raih.

Masyarakat berjubel di setiap jalan yang mereka lalui.

"Rakyat negara ini bersatu, mereka melupakan masalah mereka," kata seorang pendukung berusia 27 tahun, Jessica Pino, yang mengenakan kaos, topi Viking berwarna bendera negara.

"Ini amat menggembirakan kami kendati hanya sesaat," kata temannya berusia 26 tahun, Gabriel Rodriguez, dengan aksesoris sama di badan dan kepalanya.

"Amat puas dan gembira atas keberhasilan ini. Turnamen itu amat sulit dan kami dapat mengatasinya," kata Casillas, pemain kunci atas kemenangan mereka, ketika berbicara di depan wartawan sesaat setelah pesawat mereka mendarat, diapit dua truk besar pemadam api.

"Kami gembira karena pendukung juga menikmatinya," katanya.

Pemain depan Cesc Fabregas mengakui agak sedikit lelah. "Kami merayakannya, kami sangat gembira. Hal terbaik sudah kita dapatkan," katanya.

Perayaan sebenarnya sudah dimulai pada akhir babak pertama pertandingan Minggu malam, ketika Spanyol memimpin 2-0, dan penonton di Plaza de Cibeles meledakkan kegembiraan mereka.

Di Puerta del Sol di Madrid, lusinan penonton memanjat patung air mancur dan melemparkan air ke sekumpulan pendukung lain, semua menari ria meluapkan kegembiraan mereka.

Gol yang diciptakan David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres dan Juan Mata, Minggu, menjadi sumbu peledak kegembiraan seantero Spanyol.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga