Selasa, 21 Oktober 2014

Cara berkomunikasi dengan penyandang autisma

| 1.415 Views
id autisme, penyandang autis, komunikasi non verbal, kesehatan
Cara berkomunikasi dengan penyandang autisma
Penyandang Autisme Sejumlah siswa berkebutuhan khusus SD Plus Darul Ulum, mengikuti lomba mewarnai pada peringatan Hari Autis Sedunia di Taman Kebonrojo, Jombang, Jawa Timur. (FOTO ANTARA/Syaiful Arif)
kita harus membuat mereka merasa nyaman."
Jakarta (ANTARA News) - Komunikasi interaktif adalah cara tepat mengatasi kesulitan berbicara dengan penyandang autisma.

"Anak autisma berkomunikasi dengan interaksi yang interaktif karena dengan cara itu, orang-orang di sekelilingnya dapat memasuki dunia penyandang autisma," ujar  terapis bagi penyandang berkebutuhan khusus, Sony Ambudi, MD, MQIH baru-baru ini kepada ANTARA News.

Dia mengatakan komunikasi yang interaktif  adalah bagian dari pemahaman atas kondisi anak autis.

"Terkadang bahasa mereka terhambat, sehingga sulit untuk mengerti apa yang mereka inginkan," kata dia.

Sony memaparkan hal pertama yang harus dilakukan untuk dapat berinteraksi secara efektif adalah dengan membuat penyandang autisma sadar, bahwa ada orang lain yang berada di dekatnya.

"Ini membutuhkan waktu yang agak lama, karena kita harus membuat mereka merasa nyaman," jelas dia yang menambahkan harus ada pendekatan secara bertahap agar kita bisa memasuki atau berada dalam dunia penyandang autisma.

Komunikasi yang digunakan juga tidak selalu berbasis pada komunikasi verbal semata, namun sentuhan, suara, atau gerakan yang intensif juga dapat digunakan sebagai komunikasi.

(M048)


Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga