Senin, 22 Desember 2014

Olahraga cara efektif berkomunikasi dengan penyandang autis

| 2.382 Views
id autisme, penyandang autis, komunikasi non verbal, kesehatan, olahraga untuk penyandang autisma
Olahraga cara efektif berkomunikasi dengan penyandang autis
Ilustrasi Penderitaa Autis (Grafis)
olahraga tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik semata, namun juga dapat membuka psikis penyandang autisma
Jakarta (ANTARA News) - Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk dapat berkomunkasi secara interaktif dengan penyandang autisma, kata terapis bagi penyandang berkebutuhan khusus, Sony Ambudi, MD, MQIH.

Dia mengemukakan bahwa gerakan intensif pada olahraga dapat membantu penyandang autisma berkomunikasi secara non verbal, kata dia kepada ANTARA News usai memberikan seminar di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Komunikasi yang interaktif tersebut merupakan bentuk dukungan bagi orang berkebutuhan khusus, karena dibutuhkan pemahaman dari kondisi anak autis sehingga para penyandang dapat hidup bahagia dan sejahtera," ujar Sony.

Sony memaparkan, olahraga tidak hanya berguna untuk kesehatan fisik semata, namun juga dapat membuka psikis penyandang autisma, sehingga kita dapat memasuki dunia penyandang autisma dengan lebih mudah.

"Dengan masuk ke dalam dunia mereka, kita bisa tau apa yang mereka inginkan, apa yang mereka harapkan, dan ini perlu dikomunikasikan," kata dia.

Dengan berolahraga, rasa senang dan gembira juga dapat dirasakan penyandang autisma, karena menurut Sony, olah raga adalah satu bentuk permainan dan pada dasarnya semua orang itu senang bermain.

"Ruang terbuka adalah lokasi yang terbaik untuk berolahraga bagi penyandang autisma, karena secara psikologis ini sangat membantu penyandang autisma untuk secara psikis dapat lebih terbuka terhadap kita," ujar Sony.
(M048)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga