Yogyakarta (ANTARA News) - Pengurus dan simpatisan PDI Perjuangan (PDIP) Daerah Istimewa Yogyakarta mengirimkan bantuan logistik untuk kampanye calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo-Basuki T Purnama.

"Logistik yang dikirim ini diharapkan bisa membantu proses kampanye Jokowi-Basuki dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur," kata Sekretaris DPD PDIP DIY Bambang Prastowo di Yogyakarta, Selasa.

Bantuan logistik itu bernilai Rp40 juta, yang dikirimkan untuk membantu kampanye tersebut. Logistik yang dikirimkan diantaranya berupa gula, kopi dan teh, juga sejumlah serbet sebagai simbol pelaksanaan pilkada yang bersih dan bebas dari politik uang.

Selain bantuan barang, DPD PDI Perjuangan juga mengirimkan sejumlah relawan dari anggota Fraksi PDIP DIY dan kabupaten/kota yang akan memberikan pendampingan ke tim pemenangan Jokowi-Basuki.

Proses pendampingan tersebut rencananya dipimpin secara langsung oleh Ketua DPD PDIP DIY, Idham Samawi yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Bidang Rekruitmen dan Kaderisasi.

"Pendampingan ini dilakukan di tingkat ranting karena dari pencermatan yang dilakukan, ada potensi penyimpangan selama pelaksanaan pilkada, salah satunya saat kampanye," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Otonomi DPD PDIP, Untorohadi mengatakan, pendampingan tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman DIY dalam melaksanakan pilkada di empat kabupaten/kota.

"Kami berharap, pengalaman tersebut bisa diikuti juga untuk pilkada di DKI Jakarta," katanya.

Pendampingan tersebut akan dilakukan hingga H-1 pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

(E013)