Jumat, 19 September 2014

C-130 Herkules Air National Guard Amerika Serikat jatuh

Selasa, 3 Juli 2012 09:06 WIB | 4.003 Views
C-130 Herkules Air National Guard Amerika Serikat jatuh
Beberapa pesawat angkut berat C-130B Hercules dari Skuadron Udara 31 berjajar di luar hanggar Pangkalan Udara Utama TNI-AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. Tipe berbeda dari seri C-130 juga dioperasikan untuk memadamkan kebakaran dengan instalasi unit pengangkut air otonom. Cuma beberapa negara saja yang mengoperasikan tipe itu, dimotori US Air National Guard. (Dinad Penerangan TNI-AU)
Washington (ANTARA News) - "Satu pesawat C-130 Herkules pemadam kebakaran Air National Guard Amerika Serikat jatuh di South Dakota sewaktu memerangi kebakaran hutan di sana," kata Presiden Barack Obama, Senin (2/7).

Herkules itu bagian dari skuad pemadam kebakaran masif di hutan South Dakota. Seiring pernyataan Obama itu, operasi gabungan pemadaman sementara waktu dihentikan, termasuk militer juga telah menangguhkan operasi semua pesawat jenis itu.

"Personel udara yang 'berperang' mengalahkan kebakaran ini dari udara berulangkali menghadapi kondisi berbahaya dalam upaya memberi petugas pemadam di darat kesempatan untuk mengendalikan si jago merah ini --untuk menyelamatkan rumah, tempat usaha, sekolah dan seluruh masyarakat," kata Obama.

Pesawat angkut berat C-130 yang mengalami kecelakaan itu dilengkapi dengan Modular Airborne Fire Fighting System (MAFFS). Personel militer mengatakan peristiwa naas tersebut terjadi di sebelah barat-daya South Dakota sekitar pukul 18.30 waktu setempat Minggu.

MAFFS adalah sistem pemadaman udara yang bisa melakukan pengisian sendiri milik Dinas Kehutanan dan bisa menyiram 3.000 galon air atau bahan pemadam api di satu daerah sepanjang seperempat mil dengan lebar 100 kaki.

"Ada korban jiwa," kata beberapa pejabat US Northern Command di dalam pernyataan tertulis, Senin (2/7), sebagaimana dikutip Xinhua. "Kami akan memberi perincian lebih lanjut mengenai status korban dalam waktu dekat."

Penyebab kecelakaan belum dipastikan, dan kecelakaan itu sedang diselidiki. Saat pesawat tersebut jatuh, awaknya sedang berjuang memadamkan White Draw Fire di dekat Edgemont, South Dakota. Semua operasi pesawat militer C-130 yang dilengkapi MAFFS telah ditangguhkan.

Kecelakaan itu yang pertama dalam 40-tahun sejarah program MAFFS, program gabungan Departemen Pertahanan dan US Forest Service yang menyediakan sumber daya tambahan udara untuk memerangi kebakaran ketika kendaraan tangki air swasta dan komersial tak bisa lagi memenuhi kebutuhan Dinas Perhutanan.

(C003/A011)

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca