Minggu, 26 Oktober 2014

Pengerukan Sungai Belawan abaikan lingkungan

| 6.574 Views
id sungai belawan, pengerukan sungai, pengerukan, lingkungan hidup, sungai deli
...ditimbun di sekitar Muara Sungai Deli
Medan (ANTARA News) - Pengamat Lingkungan dari Universitas Sumatera Utara, Jaya Arjuna, menilai proyek pengerukan Sungai Belawan di wilayah utara Kota Medan selama ini mengabaikan aspek kelestarian lingkungan karena dikerjakan tanpa melalui koordinasi terpadu dengan pihak terkait.

"Lumpur dari hasil pengerukan alur Sungai Belawan selama ini ditimbun di sekitar Muara Sungai Deli," katanya di Medan, Selasa.

Pengerukan alur Sungai Belawan selama ini didanai oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I untuk memperlancar arus pelayaran di Pelabuhan Belawan.

Namun lumpur hasil pengorekan alur Sungai Belawan tersebut tidak ditimbun di lokasi yang tepat dari aspek lingkungan, melainkan dominan ditimbun di sekitar bantaran muara Sungai Deli.

Kekeliruan dalam memposisikan lokasi penimbunan lumpur Sungai Belawan, lanjut dia, mengakibatkan terjadinya pendangkalan di muara Sungai Deli dan banjir di sejumlah titik pemukiman penduduk di sekitarnya.

Jaya menambahkan, kondisi pendangkalan kawasan muara Sungai Deli diperparah lagi dengan endapan limbah yang berasal dari hasil penyaringan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi di Kecamatan Medan Marelan.

"Masalah pendangkalan muara Sungai Belawan seharusnya tidak perlu terjadi bila PT Pelindo I, PDAM Tirtanadi dan instansi terkait lainnya sejak awal melakukan koordinasi terpadu," ujarnya.
(ANT-197) 

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga