Rabu, 22 Oktober 2014

Keunggulan open source software bagi bisnis

| 5.182 Views
id open source software, piranti lunak sumber terbuka, indonesia open source award, IOSA 2012
Hasil investasi dengan menggunakan open source software lebih menguntungkan baik secara bisnis ataupun teknis karena tidak terikat terhadap satupun produsen
Jakarta (ANTARA News) - Piranti lunak sumber terbuka (open source software) mempunyai tiga keunggulan bagi kalangan pengguna bisnis, demikian disampaikan Ketua Umum Asosiasi Open Source Software Indonesia, Betti Alisjahbana.

"Keunggulan pertama adalah fleksibilitas karena pengguna dapat membuka dan memperbaharui kode-kode dalam software terbuka itu sesuai dengan kebutuhan masing-masing bisnis" kata Betti dalam kegiatan pengumuman Indonsia Open Source Award (IOSA) 2012 di Jakarta, Rabu.

Keunggulan berikutnya, lanjut Wakil Ketua Dewan Riset Nasional itu, adalah piranti lunak sumber terbuka mempercepat invoasi bisnis dengan proses penggabungan lebih dari satu piranti lunak tanpa harus menuggu produk terbaru dari produsen piranti lunak berbayar.

"Hasil investasi dengan menggunakan open source software juga lebih menguntungkan baik secara bisnis ataupun teknis karena tidak terikat terhadap satupun produsen," kata Betti.

Asosiasi Open Source Indonesia, menurut Betti, berusaha memperbesar pangsa pasar penggunaan piranti lunak sumber terbuka di Indonesia dengan mengkolaborasikan para penggunanya.

"Kami juga menekankan referensi sehingga masyarakat umum semakin yakin dengan open source software," kata Betti.
(I026)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga