Selasa, 23 Desember 2014

Ini juara kontes piranti lunak 2012

| 5.831 Views
id open source software award, piranti lunak sumber terbuka, open source, IOSA 2012, kementerian komunikasi dan informatika
Ini juara kontes piranti lunak 2012
Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring (ANTARA)
solusi
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan sejumlah pihak mengumumkan pemenang ajang Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012 di Jakarta, Rabu.

"Penciptaan piranti lunak (software) lokal dengan sumber terbuka (open source) merupakan solusi bagi kita untuk menurunkan angka pembajakan dan penggunaan software ilegal," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Pemenang kategori kompetisi pemerintah pusat, yaitu Badan Pengelola Minyak Bumi dan Gas (BP MIGAS) sebagai juara I, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) juara kedua, dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) sebagai juara ketiga.

Kemudian kategori pemerintah provinsi, kabupaten, dan kabupaten, dimenangkan Pemerintah Kota Pekalongan Jawa Tengah sebagai juara 1, Pemerintah Kabupaten Banyuasin Provinsi Kalimantan Selatan juara 2, dan Pemerintah Kabupaten Batang Jawa Tengah sebagai juara 3.

Pada kategori sekolah tingkat atas, SMA IT Ummul Quro Bogor memenangkan juara 1, diikuti SMA Muhammadiyah 1 Weleri Jawa Tengah, dan SMKIT Smart Informatika Surakarta Jawa Tengah sebagai juara.

Sementara untuk kategori mahasiswa, Adityo Baharnoko dari Universitas Negeri Semarang merebut juara 1, Fauzan Helmi dengan karya Kamus Nusantara juara II, dan Andre Pratama dengan karya alat prediksi banjir berbasis mikrokontroler, dan Webstie menempati juara III.

Selain keempat kategori di atas, panitia juga mengumumkan sejumlah pemenang untuk kategori tokoh, komunitas, dan wartawan. (I026)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga