Selasa, 23 September 2014

Irgan Chairul Mahfiz pimpin pansus pengawasan farmasi

Rabu, 4 Juli 2012 17:26 WIB | 2.374 Views
Irgan Chairul Mahfiz pimpin pansus pengawasan farmasi
Sekjen PPP Irgan Chairul Mahfiz (facebook.com)
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi IX DPR Irgan Chairul Mahfiz memimpin Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Farmasi terkait dengan pembahasan RUU kesediaan obat/farmasi untuk masyarakat luas, alat kesehatan, maupun perbekalan kesehatan rumah tangga.

Keputusan pembentukan Pansus itu dihasilkan dalam rapat lintas komisi DPR di Jakarta, Rabu.

"Selanjutnya, setelah RUU ini menjadi UU diharapkan masyarakat dapat terhindar dari risiko pengadaan, pembuatan, ataupun peredaran berbagai macam layanan farmasi, alat kesehatan, serta ketersediaan perbekalan kesehatan rumah tangga akibat mengabaikan standar perlindungan yang baik dan benar," kata Irgan.

Ia mengatakan bahwa RUU tersebut akan menekankan pembahasan jaminan keamanan guna melindungi kesehatan publik, dimulai adanya khasiat atau kemanfaatan jenis obat-obatan, kualitas produk farmasi yang bertanggung jawab dan terjangkau, termasuk menetapkan aspek kemudahan pelayanan alat-alat kesehatan berikut perbekalan kesehatan keluarga secara cepat dan tidak memberatkan.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat tidak lagi merasa asing atau bahkan tertipu terhadap setiap bentuk produk kesehatan, khususnya farmasi dan terkait jenis sarana lain yang akan diperolehnya, di samping karena terjamin baik khasiat, penyediaan, dan mengikuti harapan kemampuan ekonomi di masyarakat.

Politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan bahwa standar kualitas pelayanan itu pun akan diorientasikan pada pengembangan mutu yang berlaku di lingkungan internasional.

Irgan menegaskan bahwa RUU Pengawasan Farmasi akan menitikberatkan soal pengawasan yang dilakukan pihak berwenang sehingga terjadinya pelanggaran yang membawa kerugian masyarakat benar-benar dapat diatasi dengan upaya hukum.

"Jadi, pembahasan jelas akan mengedepankan sisi aturan main dan pemenuhan rasa keadilan bagi masyarakat, selain untuk menciptakan pelayanan yang mudah serta aman," ujarnya.
(B009/D007)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga