Sabtu, 25 Oktober 2014

Rupiah melanjutkan penguatan Kamis pagi

| 2.327 Views
id nilai tukar rupiah, nilai rupiah, rupiah terhadap dolar AS, IHSG, indeks harga saham, transaksi antarbank, bursa efek indonesia
Rupiah melanjutkan penguatan Kamis pagi
Nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Kamis pagi bergerak menguat 10 poin menjadi Rp9.348 per dolar AS. (ANTARA/Ismar Patrizki)
Jakarta (ANTARA News) - Nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan penguatan pada Kamis pagi, terdorong peningkatan keyakinan konsumen Indonesia.

Nilai tukar mata uang rupiah yang dalam transaksi antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak menguat 10 poin menjadi Rp9.348 per dolar AS dari posisi sebelumnya Rp9.358 per dolar AS.

"Hasil survei keyakinan konsumen yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) mencatat kenaikan pada bulan Juni, kondisi itu memberi sentimen positif pada nilai tukar rupiah terhadap dolar AS," kata analis Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih.

Ia mengatakan peningkatan keyakinan konsumen itu sumber dari optimisme membaiknya kegiatan usaha enam bulan mendatang yang memberi ekspektasi peningkatan ketersediaan lapangan usaha.

"Naiknya optimisme konsumen ini mengindikasikan masih kuatnya ekonomi Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, melemahnya ekonomi AS pada triwulan kedua tahun 2012 yang telah membuat dana moneter internasional (IMF) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS juga membawa pengaruh.

"Kondisi itu, dapat menjadi salah satu katalis pelemahan dolar AS terhadap nilai tukar rupiah," kata dia.

(KR-ZMF)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga