Kamis, 31 Juli 2014

Studio animasi Indonesia ramai pesanan luar negeri

Kamis, 5 Juli 2012 10:48 WIB | 8.408 Views
Bandung (ANTARA News) - Studio animasi Indonesia mulai menerima pesanan luar negeri karena kemampuan para animator nasional yang baik, kata Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Triharso.

"Untuk animasi, sejumlah studio kita sudah mulai menerima pesanan dari Amerika Serikat, Jepang dan sejumlah negara Eropa," katanya kepada wartawan di sela Festival Industri Kreatif (Increfest) 2012 di Bandung, Kamis.

Triharso mengatakan, industri film animasi di Hollywood AS termasuk diantara mereka yang memesan karena kemampuan studio animasi Indonesia yang tidak kalah dengan yang lain.

Menurut dia, pengguna produk animasi di Tanah Air sudah sepatutnya berpihak kepada karya-karya anak bangsa sendiri sehingga industri kreatif khususnya amimasi film menjadi berkembang dan dikenal luas masyarakat.

"Dari aspek kemampuan sumber daya manusia, para animator Indonesia lebih unggul dibanding Malaysia," katanya.

Keunggulan Indonesia itu dapat dilihat dari para animator Indonesia yang bekerja di studio-studio animasi Malaysia namun keberpihakan pemerintah dan berbagai pihak di negeri jiran itu lebih baik dari Indonesia, katanya.

Increfest yang puncak acaranya digelar di Bandung itu diisi dengan pameran 21 karya perusahaan pemula yang menjadi finalis kategori animasi, game dan perangkat lunak (software), lokakarya dan pemberian penghargaan kepada para pemenang.

Triharso mengatakan, Increfest yang sudah tiga kali diselenggarakan itu merupakan bagian dari upaya menjadikan konten produk kreatif Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
(R013*B013/S004)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca