Asuncion (ANTARA News/Reuters) - Pemerintah baru Paraguay memerintahkan penarikan pulang duta besarnya di Venezuela, Rabu waktu setempat (Kamis WIB), setelah menuduh pemerintahan Presiden Hugo Chavez mencampuri upaya pemakzulan presiden sayap kiri Paraguay bulan lalu.

Pemakzulan cepat dari mantan Presiden Paraguay, Fernando Lugo, memicu kritik pedas dari pemerintah-pemerintah kiri Amerika Selatan. Chavez memerintahkan Duta Besar Venezuela meninggalkan Paraguay dan menghentikan pengiriman minyak sebagai bentuk protes.

Menteri Pertahanan Baru Paraguay, Maria Liz Garcia, telah menuduh Menteri Luar Negeri Venezuela, Nicolas Maduro, berpartisipasi dalam sebuah pertemuan dengan para pejabat militer senior Paraguay dalam proses dua hari untuk menggulingkan Lugo.

Garcia, yang ditunjuk oleh pemerintah kanan-tengah baru Presiden Federico Franco, mengatakan bahwa beberapa hari-hari sebelumnya dia mempunyai informasi yang menyebutkan bahwa Maduro telah mendesak pejabat militer untuk campur tangan guna menghentikan "pemecatan" Lugo oleh Kongres.

Maduro membantah segala tuduhan itu pekan lalu.

Garcia menyampaikan pernyataannya Rabu di hadapan para penuntut umum yang melakukan penyelidikan.

Mengutip "bukti berat intervensi yang dilakukan oleh para pejabat Venezuela dalam urusan-urusan internal Paraguay," Kementerian Luar Negeri memerintahkan duta besarnya untuk meninggalkan Caracas.

Awal pekan ini, Pemerintah Franco memberi wartawan salinan video keamanan yang menunjukkan Maduro berjalan menuruni sebuah koridor di dalam istana kepresidenan. Gambar-gambar lain menunjukkan gambar kepala militer, tetapi tidak ada gambar yang menunjukkan bahwa mereka bertemu.

Paraguay, sebuah negara tanpa laut, yang merupakan pengekspor kedelai dan berpenduduk enam juta orang merupakan salah satu negara miskin di Amerika Selatan. Negara itu juga memiliki sejarah panjang ketidakstabilan politik dan pemerintah militer yang membuat tuduhan campur tangan militer merupakan subyek yang sangat sensitif.

Maduro melakukan perjalanan ke Asuncion sehari sebelum Lugo disingkirkan dari kepresidenan setelah sebuah pemeriksaan yang berlangsung berjam-jam lamanya.

Dia pergi sebagai bagian dari delegasi menteri-menteri luar negeri dari kelompok negara-negara kawasan, UNASUR.

UNASUR dan blok perdagangan regional Mercosur telah menangguhkan keanggotaan Paraguay hingga pemilihan umum tahun depan.
(Uu.G003/H-AK)