Sabtu, 25 Oktober 2014

Iran akhiri latihan rudal

| 7.395 Views
id rudal iran, latihan rudal iran, latihan peluru kendali
Iran akhiri latihan rudal
Iran mengakhiri uji coba aneka jenis rudal dan pesawat pembom tanpa awak pada Rabu. (Ilustrasi)
Teheran (ANTARA News) - Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (Iranian Islamic Revolution Guards Corps/IRGC) mengakhiri latihan peluru kendali tiga hari pada Rabu.

Pada hari terakhir latihan rudal, IRGC menembakkan roket "Teluk Persia" ke sasaran laut tiruan. Pasukan kedirgantaraan IRGC juga membombardir target-target yang dirancang dengan jet-jet tempur serta pesawat udara tanpa awak, demikian laporan Press TV.

Sebelumnya Komandan Divisi Kedirgantaraan IRGC Amir Ali Hajizadeh mengatakan bahwa dalam latihan bertajuk "Great Prophet 7" itu lebih dari 100 tempat tiruan di tengah gurun menjadi sasaran tembak berbagai jenis rudal.

Beberapa rudal IRGC bahkan bisa mencapai 2.000 kilometer, tetapi dalam manuver itu hanya rudal dengan jangkauan jarak 300, 500, 800 dan 1.300 kilometer yang diuji, kata Hajizadeh.

Hajizadeh mengatakan bahwa semua pangkalan AS di kawasan itu berada dalam jangkauan rudal Iran dan rudal Iran juga bisa dengan mudah mencapai Israel.

Komandan latihan peluncuran rudal selama tiga hari itu menyatakan bahwa semua rudal "sukses" memukul target yang disebut menyerupai pangkalan udara negara asing di wilayah tersebut.

Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi mengatakan bahwa Iran akan memberikan tanggapan tegas terhadap setiap serangan militer terhadap negaranya.

"Mereka yang membuat pernyataan tidak berguna dengan mengancam Iran dan memiliki niat buruk terhadap negara ini harus siap untuk menerima jawaban," kata Vahidi kepada wartawan.

Sementara anggota parlemen Iran Mansour Haqiqatpour mengatakan, kehadiran kapal perang Barat di Teluk Persia merugikan keamanan regional.

"Kekuatan global telah mengumumkan bahwa dengan mengirimkan kapal perang, mereka mau membangun keamanan Teluk Persia, tetapi sekarang negara-negara Muslim dapat melakukan ini dengan memperluas kerja sama lokal dan regional, dan mereka tidak perlu kehadiran militer Barat mereka," kata Haqiqatpour .

Mengacu pada latihan rudal IRGC, Haqiqatpour mengatakan, pelatihan itu membawa pesan kepada kekuatan transregional di Teluk Persia dan Laut Oman untuk menghindari pengujian kemampuan defensif Iran, karena mereka akan diberikan jawaban yang menghancurkan.

(H-AK)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga