Sabtu, 25 Oktober 2014

Pemerintah siap fasilitasi UKM komponen ponsel

| 1.388 Views
id produksi ponsel dalam negeri, produsen ponsel dalam negeri, pabrik ponsel, UKM komponen ponsel, kementerian koperasi dan usaha kecil menengah
Pemerintah siap fasilitasi UKM komponen ponsel
Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan (FOTO ANTARA/Audy Alwi)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) siap memfasilitasi dan mendorong usaha-usaha kecil yang memproduksi komponen telepon seluler.

"Kami harapkan dengan (pendirian) industri ponsel di dalam negeri maka UKM bisa turut mengambil bagian, seperti komponen-komponennya," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarief Hasan kepada ANTARA News selepas peluncuran buku 'Cracking Entrepreneurs' karya Rhenald Kasali di Jakarta, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan Menkop UKM terkait himbauan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, pada Selasa (3/7), agar produsen ponsel asing dapat membuka pabrik di Indonesia karena permintaan ponsel dalam negeri sangat tinggi.

"Tentunya komponen-komponen (ponsel) itu dapat diproduksi oleh UKM," kata Syarief.

Syarief mengatakan dukungan kepada usaha-usaha kecil yang memproduksi komponen ponsel merupakan strategi menghidupkan UKM elektronika di Indonesia sebagaimana sektor UKM di sektor otomotif.

"Hanya mungkin (peranan UKM) yang kurang di industri pengecoran karena itu industri padat modal, tapi sisanya dapat dilakukan UKM," kata Menkop UKM.

Pada Rabu (4/7), Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, mendorong pendirian pabrik-pabrik telepon seluler (ponsel) di Indonesia, terutama untuk produk asli dalam negeri.

Pernyataan itu disampaikan Menkominfo menanggapi pertumbuhan impor ponsel di Indonesia sebesar 22,15 persen pada periode Januari - Mei 2012.

Nilai impor komoditas ponsel Indonesia, berdasar data Kementerian Perdagangan, mencapai 1,12 miliar dolar AS pada Januari - Mei 2012 atau meningkat 200 juta dolar AS dibanding periode yang sama 2011.

(I026)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga