Selasa, 2 September 2014

Polusi plastik capai rekor tinggi di bagian barat-laut AS

Kamis, 5 Juli 2012 20:03 WIB | 6.130 Views
Vancouver (ANTARA News) - Polusi plastik dilepas pantai barat-laut Amerika Utara mencapai tingkat yang mengejutkan, demikian satu studi baru-baru ini yang dipimpin oleh peneliti dari University of British Columbia.

Studi tersebut, yang disiarkan di dalam edisi daring jurnal Marine Pollution Bulletin, meneliti kandungan isi perut burung camar yang biasa terdapat di daerah itu, di pantai barat Kanada dan Amerika Serikat.

Burung camar utara mencari makan secara eksklusif di laut dan plastik yang dicerna berada di dalam perutnya untuk waktu lama, yang membuat mereka jadi pemantau ideal bagi sampah laut, kata studi itu, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis malam.

Para peneliti memeriksa isi perut 67 burung camar dari pantai timur Pasifik Utara dari 2009 sampai 2010 dan mendapati 92,5 persen burung itu telah menelan rata-rata 36,8 potong, atau 0,385 gram, plastik. Satu burung bahkan didapati memiliki 454 plastik di dalam perutnya.

Proses mencerna plastik pada burung camar tersebut termasuk yang paling tinggi yang telah tercatat di dunia. Temuan itu, yang membandingkan dengan studi terdahulu di Pasifik Utara, menunjukkan peningkatan dalam proses pencernaan plastik selama 40 tahun belakangan, kata studi tersebut.

Guna menangani situasi yang memburuk dan melindungi ekologi laut, para peneliti itu mengusulkan pemantauan tahunan atas kecenderungan pada polusi plastik dan keefektifan strategi pengurangan limbah di laut.
(C003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga