Selasa, 21 Oktober 2014

Kenali 'golden period' agar terhindar dari stroke berat

| 4.448 Views
id stroke, serangan jantung, lansia
Kenali 'golden period' agar terhindar dari stroke berat
tanpa basa-basi, langsung bawa penderita ke rumah sakit,...."
Jakarta (ANTARA News) - Bagi penderita stroke, golden period mungkin tidak asing, karena ini adalah "masa emas" saat serangan stroke masih dapat diatasi.

"Masa gold period adalah tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Karena pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar," kata dokter spesialis jantung dari Rumah Sakit Harapan Kita, Dr. Eka Harmeiwaty, SpS di Jakarta, Kamis.

Masa emas tiga jam ini, kata Eka, sebaiknya digunakan sebaik-baiknya dan dikenali dengan baik oleh penderita hipertensi, penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, serta lemah jantung, karena akan sangat menolong penderita sehingga terhindar dari stroke berat.

"Bila stroke menyerang, tanpa basa-basi, langsung bawa penderita ke rumah sakit, supaya dapat langsung ditangani dan bisa selamat dari stroke," kata dia. 

Eka menjelaskan bahwa gejala stroke yang paling sering terjadi adalah, bibir yang tiba-tiba mencong, lidah yang baal sehingga sulit untuk berbicara, beberapa bagian tubuh yang terasa sulit digerakkan seperti lumpuh.

"Mata yang tiba-tiba jereng, serta pingsan pada penderita hipertensi dan penyakit kardiovaskular, harus diwaspadai, karena ini bisa jadi merupakan gejala awal stroke," ujar Eka.

(M048)

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga