Kamis, 2 Oktober 2014

Priyo: pembahasan mekanisme pemilihan gubernur cukup alot

Kamis, 5 Juli 2012 19:04 WIB | 2.692 Views
Priyo: pembahasan mekanisme pemilihan gubernur cukup alot
Priyo Budi Santoso (FOTO ANTARA)
Tidak mudah bagi DPR untuk tergesa-gesa menyelesaikan masalah itu, akan ada diskusi konstruktif untuk mencari titik formula yang utuh,"
Semarang (ANTARA Newss) - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan, pembahasan masalah mekanisme pemilihan gubernur terkait dengan revisi Undang-Undang Pemilihan Umum bakal cukup alot dan memakan waktu lama.

"Tidak mudah bagi DPR untuk tergesa-gesa menyelesaikan masalah itu, akan ada diskusi konstruktif untuk mencari titik formula yang utuh," kata Priyo di Semarang, Kamis.

Menurut dia, perlu pengkajian yang mendalam atas usulan gubernur dipilih langsung rakyat atau melalui DPRD, untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan dan keluaran yang dihasilkan.

Ia menjelaskan, dalam usulan pemilihan dilakukan oleh DPRD, terdapat poin yang cukup mendapat perhatian, yakni wakil gubernur yang tidak disertakan dalam pemilihan.

Pemilihan, kata dia, hanya akan memilih gubernur, sedangkan wakilnya dipilih oleh gubernur terpilih yang selanjutnya disetujui DPRD.

"Usulan tersebut dilatarbelakangi keharmonisan gubernur dan wakilnya yang hanya bertahan sesaat," kata politikus Partai Golkar itu.

Pemikiran semacam itu, kata dia, dapat dipahami oleh DPR, sambil mencari pola terbaik.

Ia juga mengakui tentang sejumlah legislator yang secara terbuka tetap mendukung opsi pemilihan langsung oleh rakyat.

"Pemilihan opsi tersebut dilandasi dengan usulan agar sistem pemilihan tidak berbiaya mahal serta meminimalisasi politik uang," katanya.
(I021/M029)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga