Rabu, 17 September 2014

Warga Pulau Miangas bersiap bikin KTP elektronik

Kamis, 5 Juli 2012 19:54 WIB | 2.324 Views
Warga Pulau Miangas bersiap bikin KTP elektronik
Seorang warga didata dengan mengguna alat elektronik pada pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). (ANTARA/ Dhoni Setiawan)
Manado (ANTARA News) - Tahapan perekaman KTP elektronik (e-KTP) di Pulau Miangas, Kecamatan Miangas, Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara akan dimulai Juli.

"Tahapannya akan dimulai dari sosialisasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Talaud. Kami sementara menunggu tim sosialisasi ini," kata Camat Miangas, Stevenheiner Maarisit.

Dia mengatakan, usai dilaksanakan sosialisasi, empat petugas kecamatan akan dilatih sebagai operator komputer untuk memasukkan data wajib e-KTP.

Soal kesiapan perangkat perekaman data, menurut dia, sementara dilengkapi dan akan dirangkai utuh menjadi perangkat siap pakai oleh petugas teknisi dalam waktu dekat ini.

"Kami perkirakan perekaman data e-KTP khusus di Pulau Miangas akan dimulai pada bulan Juli," kata dia.

Bahkan menurut dia, proses perekaman data di satu-satunya kecamatan khusus di Kabupaten Talaud dapat diselesaikan sebelum batas akhir batas akhir penyelesaian perekaman data akhir tahun ini.

"Sekarang ini tinggal tergantung dari kesiapan tim dari Pemkab melakukan sosialisasi, pelatihan dan perangkat komputer. Lebih cepat dilakukan akan lebih baik," ungkapnya.

Dia mengatakan, dari 763 warga Pulau Miangas, 75 persen di antaranya wajib KTP dan masih akan didata lagi karena ada warga yang belum memiliki nomor induk kependudukan.

"Sebagian warga memang sudah memiliki KTP tapi masih ada juga yang belum ada. Walaupun warga sudah mengurusnya ke dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten," ungkapnya.
(305/A034)

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga